5 Trend Smartphone tahun 2013

Kemampuan layar yang full HD berukuran 5 inchi, prosesor yang sudah menggunakan quad-core, batere tahan lama, sistem proteksi layar yang sudah anti debu dan anti air serta resolusi kamera yang tinggi merupakan trend Smartphone di tahun 2013 ini. Yuk kita bedah satu persatu.

Layar besar

Sudah beberapa merk menampilkan smartphone berlayar besar di awal tahun. Sebut saja HTC Droid DNA (Butterfly), Sony Xperia Z, Huawei Ascend D2 dan ZTE Grand S sudah menampilkan produk dengan ukuran layar 5 inchi dengan resolusi yang full HD (1080p). Bahkan di ajang pameran elektronika bergengsi dunia (CES 2013), Huawei sudah memajang Ascend Mate dengan ukuran layar 6,1 inchi !!

Layar yang semakin besar tentu berdampak pada borosnya batere, sehingga jika kita berniat untuk mengganti hape eksisting, tentu kita harus mencari produk yang menggunakan batere berkapasitas besar juga. Beberapa tipe seperti Xperia Z dan Ascend D2 sudah menggunakan batere 2.330 dan 3000 mAh.

Procesor Quad-core

Hampir seluruh pemasok smartphone besar sudah mempersenjatai produknya dengan prosesor bertipe quad-core. Salah satu pemain besar seperti Sony sudah mempersenjatai Xperia Z dan Grand S dengan prosecor Qualcomm Snapdragon S4 Pro.

Pemasok procesor juga tidak kalah sibuk. Pemain besar seperti Qualcomm, nVidia dan ST-Ericsson sudah meluncurkan processor ini sejak awal tahun 2013.

Procesor Snapdragon 800 menawarkan kemampuan 75% lebih baik dari S4 Pro dan sudah mendukung 4G LTE dan 801.11ac. Rencananya seluruh smartphone yang menggunakan prosesor ini sudah tersedia di pasaran pertengahan tahun 2013.  Disamping ini, nVidia Tegra 4 yang menggunakan disain ARM’s Cortex A-15 sudah tersedia di merk Google (Nexus)

Batere yang irit

Kombinasi layar besar ber-resolusi tinggi dan prosesor quad-core sangat berdampak pada umur batere. Oleh karenanya pemasok disamping menyiapkan batere berkapasitas besar juga sudah menyisipkan teknologi penghemat batere.

Sony sudah mengaplikasikan teknologi Sony’s Battery Stamina, dimana dapat memperbaiki proses stand-by mode dengan otomatis kala layar atau aplikasi mati atau tidak bekerja. Huawei menggunakan teknik mematikan sirkuit transmisi saat transmisi data tidak digunakan.

Perlindungan layar dan smartphone

Sony dan Huawei melalui produk terbarunya selalu meyakinkan calon pengguna agar membeli smartphone yang memiliki fasilitas perlindungan tambahan seperti debu dan air. Semua sambungan (port) dibuat sedemikian rupa agar bisa melindungi komponen smartphone bahkan bisa aman direndam dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit!!!

Beberapa merk lainnya memang tidak se-ekstrim produk di atas, namun cukup aman jika tersiram air. Beberapa vendor lain juga sudah melirik kemampuan ini dan akan menambahkan fasilitas proteksi dalam produk lini mereka.

Kamera resolusi tinggi

Beberapa merk seperti Sony, Huawei dan ZTE sudah menggunakan kamera ber-resolusi tinggi dengan kemampuan 13MP untuk kamera belakang dan 2MP untuk kamera depan. Masing-masing kamera sudah bisa merekam video dengan resolusi 1080p.

Tidak hanya itu, Sony sudah menanamkan fungsi HDR untuk kedua kamera baik video maupun foto (Xperia Z). Dengan HDR, kamera dapat menangkap gambar yang sama dengan level pencahayaan yang berbeda. Bahkan kita dapat merekam video dimana matahari tepat berada di depan subyek kita. Kemampuan lain yang juga cukup menarik dan menjanjikan adalah burst-mode dengan mengambil 10 gambar foto dalam 1 kali klik.

Menarik bukan ? Tunggu saja alternatif pilihan yang lain. Mungkin saja lebih canggih dan harganya lebih murah…. Mana pilihanmu ??

*** EJ ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: