Keunggulan sebuah Super Smartphone….Apa yang bisa dibanggakan ??

Rahasia keunggulan sebuah telepon pintar atau smartphone ada pada tampilan yang tampak (disain) dan yang tidak tampak (procesor, konektivitas dan kapabilitas multimedia). Yuk kita bahas satu persatu….

Tahun lalu, sebuah ponsel dengan kapabilitas dual core processor sudah dianggap sebagai sebuah “super-smartphone”. Tahun ini ternyata sudah ada pabrikan yang mengklaim telah menciptakan ponsel dengan kemampuan “quad core” dengan kemampuan yang dua kali lebih hebat. Apakah ini bisa disebut sebagai super-smartphone baru ? Begitu juga dengan tampilan layar yang semakin besar. Sebut saja ukuran layar yang bisa hingga 5 inchi. Apakah kemampuan ini bisa mencerminkan keunggulan sebuah ponsel ? apakah uang yang kita keluarkan bisa menjawab semua itu ??

DUNIA HIGH DEFENITION
Setelah Apple meluncurkan iPhone, dunia seluler menjadi terbolak-balik. iPhone sebagai ponsel yang bisa memainkan konten dengan Full HD dengan resolusi 1080p menjadikan dunia HD menjadi sebuah kenyataan, bukan sekedar impian lagi. Hal ini diikuti dengan pabrikan lain atau merk ternama yang menambahkan fitur kamera (gambar dan video) dengan kemampuan Full HD pada ponselnya.

Tidak hanya cukup sampai disitu, untuk orang-orang yang mendambakan kualitas, tayangan rekaman Full HD bisa ditransfer ke komputer dan bahkan dengan menggunakan koneksi HDMI bisa ditayangkan langsung ke HDTV.

Saat ini, untuk ponsel keluaran terbaru, port Mini HDMI sudah digantikan dengan standard baru yaitu MHL atau Mobile High-Defenition Link yang secara kasat mata tampak mirip sekali dengan port MicroUSB. Spesifikasi ini bisa “backward compatible” sehingga bisa digunakan untuk melakukan charging.

Beberapa ponsel yang sudah menggunakan teknologi ini antara lain Samsung Galaxy SII dan HTC OneX.

MUSIC MANIA
Dengan alasan untuk memuaskan kastemer, beberapa pemasok ponsel besar seperti Sony Ericsson (sekarang SONY), NOKIA dan Samsung telah mengeluarkan ponsel khusus yang disebut dengan “Music Phone” beberapa tahun ke belakang. Nokia pernah berjaya dengan jajaran Nokia Xpress Music dan Sony dengan jajaran Xperia-nya.

Bagaimana dengan yang lain ?

Ternyata para pemain besar lain tidak melirik kekhususan ini sebagai sebuah keunggulan. Mereka melihat peluang bahwa fitur musik bisa dikembangkan melaui piranti lunak atau software khusus yang nantinya akan menciptakan pengalaman baru dalam mendengarkan musik.

Beberapa software yang sangat diminati adalah “Dobly Digital Plus Surround Sound” yang bisa disandingkan dengan “Dolby Headphone” yang bisa memainkan suara untuk film atau lagu yang berteknologi “5.1 Surround”. Semua cukup dengan mencolok headphone ke ponsel kita.

Saat ini NOKIA masih berkonsentrasi dengan aplikasi Dolby, HTC dengan teknologi sendiri dan Sony masih berkutat dengan pengembangan teknologi “Clear Audio” dan “xLoud Audio Technology”

CORE STRENGTH
Kekuatan sebuah prosesor merupakan salah satu yang digadang-gadangkan oleh pabrikan untuk menjual keunggulan ponselnya. Tahun lalu, sebuah ponsel yang memiliki processor 1GHz masuk dalam kategori ponsel high-end. Tahun ini sudah berbeda, ponsel rata-rata sudah mengusung prosesor lebih dari 1GHz dengan disain dual-core dan quad-core. Hal ini terus terang membuat bingung kan ?? Apa sih arti dari “dual-core”, “quad-core” atau core core yang lain ??

Jika kita bicara tentang “core” artinya adalah berapa jumlah CPU (Central Processing Unit) yang ada dalam prosesor. Dalam terminologi atau teknologi CPU, jumlah core CPU yang bertambah berdampak pada peningkatan performansi “mobile processing”.

Core di CPU juga harus berkorelasi dengan sistem atau komponen lain seperti GPU (Graphic Processing Unit) yang terlihat dalam tampilan video dan audio seperti gambar yang lebih tajam, jelas saat bermain game, cepat dalam browsing sebuah situs internet dan kecepatan dalam proses multi-tasking.

Pengamat IT dari Qualcomm menyebutkan bahwa disain dari sebuah super-smartphone tidak hanya dilihat dari berapa jumlah Core yang dipasang dan seberapa kecil ukuran prosesor dalam sebuah ponsel, tapi juga harus memperhitungkan berapa daya yang dikonsumsi dan durasi dalam konsumsi dayanya.

Ternyata hal ini juga direspon oleh pabrikan ponsel besar. Buktinya tidak semua pabrikan menggunakan chip “quad-core” dalam flagship produknya. Single core masih banyak digunakan dengan alasan masih mengkonsumsi daya yang lebih rendah dan kemampuan masih lebih bisa diandalkan. Processor yang cukup dikenal adalah The Tegra 3 dari nVIDIA dan Snapdragon dari Qualcomm.

Kebutuhan user saat ini ternyata sudah luar biasa. Berbagai kebutuhan seperti streaming video, bermain game dengan kualitas HD dan menonton tayangan film kualitas blu-ray yang menggunakan kualitas 1080p.

Dari sisi aplikasi, saat ini sudah banyak aplikasi yang dijual dan dipasarkan dengan mengusung teknologi HD. Berbagai aplikasi dan game bisa digunakan sehingga kepuasan sebagian orang yang ingin mengoptimalkan smartphonenya untuk menikmati tayangan full HD bisa terwakili.

ALL MEGAPIXELS
Tidak ada yang menyangkal bahwa salah satu daya tarik sebuah ponsel adalah besarnya sensor dan kualitas optik dari kamera. Memang jarang sekali sebenarnya kita berharap memotret kala kita memegang sebuah ponsel.

Keunggulan kamera ponsel yang berkapasitas sensor besar ini sesungguhnya tidak pernah disadari oleh hampir seluruh pengguna. Sensor 2MP, 3MP, 5MP hingga 12MP pun sampai saat ini hanya digunakan sebatas untuk update di berbagai situs social network saja. Kebutuhan untuk cetak atau printing dengan ukuran besar hampir tidak pernah dilakukan.

NOKIA kembali mencetak sejarah dengan meluncurkan sebuah ponsel dengan sensor 41MP Walaupun sesungguhnya ponsel tersebut tidak meng-capture gambar dengan resolusi 41MP pada kenyataannya. Sesungguhnya gambar dicapture dengan resolusi regular 5MP, tapi dengan kecanggihan sensor yang besar dan menggunakan teknik oversampling sehingga didapat ukuran sebesar 41MP.

Ponsel lain seperti SONY MOBILE dengan flagship Xperia S dan APPLE iPhone 4S juga sudah memposisikan diri sebagai the best camera phone.

SEMUA BERBICARA CLOUD
Kita sudah terbiasa secara rutin melakukan back-up data pada komputer pribadi kita (PC atau laptop). Bagaimana dengan smartphone ?? Kita sering kali menyimpan data seperti contacts, calender, image dan lain-lain dalam ponsel kita. Bagaimana kalau ponsel kita hilang ? tentu semua data juga akan hilang kan ?? Ternyata sudah ada cara melakukan backup ponsel yang hampir sedikit orang melakukannya.

Untuk menyikapi hal tersebut, saat ini berbagai pabrikan maupun industri OS (operating system) sudah mulai menawarkan layanan back-up melalui cloud. Dengan IOS 5, APPLE telah memperkenalkan layanan cloud back-up untuk semua perangkatnya lengkap dengan kapabilitas sharing diantara seluruh “iDevice” (iPhone, iPad, iPod, iTunes). iCloud dapat dimanfaatkan untuk menyimpan musik, film, aplikasi, dokumen dan gambar. Serta juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data email, contact dan update calendar yang bisa dimanfaatkan oleh semua gadget yang diproduksi Apple. iCloud sendiri menawarkan “free storage” sebesar 5GB kepada setiap user secara gratis dan berbayar jika ingin lebih dari 5GB.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Microsoft dengan menawarkan SkyDrive kepada pengguna ponsel yang menggunakan OS Windows Phone. User ponsel yang menggunakan Windows Phone dapat dengan mudah menyimpan gambar, video dan file yang bisa diedit atau digunakan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Windows Market Place.

Sebenarnya jauh sebelum iCloud diluncurkan, banyak user yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Cloud seperti Dropbox. Begitu juga dengan pengguna Android. Saat ini HTC telah mengitegrasikan Dropbox dalam ponsel HTC Sense dengan penawaran layanan 25GB gratis untuk pengguna ponsel HTC One.

Dari keunggulan yang saya ceritakan di atas, sampai sejauh mana kita selaku pengguna dan para provider layanan telepon seluler di Indonesia bisa memanfaatkannya ? apakah bisa digunakan sebagai lahan bisnis baru ??? Apakah kita tetap menjadi penonton dan pengguna ??  *** EJ 2012 ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: