Apakah iPad bisa menggantikan PC ???

Hmm…terus terang saya agak kaget juga dengan pernyataan Tim Cook, bos baru Apple Inc pengganti Steve Jobs bahwa “era PC sudah berakhir!”. Saya selalu menyimak setiap Apple meluncurkan produk baru selalu menjanjikan hal yang luar biasa, harga yang mahal dan seolah-olah orang yang memiliki uang saja yang menginginkannya. Menurut pandangan saya, hal ini wajar dan dilakukan Apple untuk menciptakan sebuah perbedaan antara iPad dengan PC. Bahkan menciptakan sebuah mitos pada pengguna PC jika ingin menjadi seorang technology savvy, pakailah iPad..!!

Sebelum saya menceritakan bocoran iPad 3 yang konon adalah pembaharu dunia tablet PC, saya akan menganalisa iPad sebelumnya.

Jika saya melihat orang-orang di sekeliling saya, atau para pekerja kantoran lainnya, mereka duduk berjam-jam bekerja dengan spreadsheets dan mengetik dokumen yang cukup panjang. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan dengan iPad. Saat yang saya lihat mereka menggunakan iPad adalah ketika waktu senggang, saat rapat atau saat menunggu pesawat/kereta di terminal.

Kondisi di atas memastikan diri saya bahwa mereka (bahkan diri saya sendiri) tidak akan meninggalkan PC.

Begitu juga pada saat kita pulang ke rumah. Saya berselancar di dunia maya tetap menggunakan PC, bukan iPad. Jadi menurut saya iPad itu dibutuhkan untuk bersenang-senang. Itu saja….

Ini bukan berarti membeli atau memiliki iPad itu adalah hal yang jelek…bukan. Apple sudah menyiapkan ragam aplikasi untuk bisa menyaingi apa yang bisa dan biasa kita lakukan di PC.

Kecerdikan Apple adalah menciptakan kesan seolah-olah pengguna PC adalah orang “jadul”, konservatif, bahkan terbelakang, masih ngetik dengan keyboard dan butuh bantuan mouse. Kedua alat tersebut PC + iPad tetap masih bisa berdampingan dan tidak saling menutupi…..

Yuk sekarang kita bedah, seperti apa sih “the new iPad” atau “iPad 3” ?

Apa yang baru dari iPad 3?
Pembaruan dari iPad terbaru ini adalah layar. Sekarang sudah menggunakan teknologi retina display seperti yang sudah digunakan pada iPhone 4S, resolusi tinggi dengan 3.1 juta pixel (2048 x 1536). Ukuran ini adalah 4 kali dari iPad 2 dan 1 juta pixel lebih tinggi dari sebuah HDTV. Teknologi ini akan memberikan tingkat resolusi yang sangat tinggi, gambar yang ditampilkan kala kita menonton video dan melihat foto sangat menakjubkan pastinya.

Apa lagi yang Baru ?
Kamera belakang (rear camera) sudah mengalami perbaikan. Kamera dengan resolusi 5 Megapixel lebih baik dari iPad 2 yang hanya 1 Megapixel. Kamera ini juga sudah mampu merekam video HD 1080p.

Processor yang digunakan juga lebih cepat dengan dukungan chip A5X yang sudah menggunakan grafik quad-core. Meskipun kerja batere lebih berat, Apple tetap menjanjikan umur pakai tetap 10 jam sama dengan iPad 2. Secara ukuran ternyata iPad 3 lebih berat dan lebih tebal dibandingkan iPad 2.

Bay de way, Apple sudah menambahkan aplikasi perintah suara dimana kita bisa mengirim pesan, melakukan pencarian di internet, menggunakan twitter dan menulis status di Facebook hanya dengan menggunakan suara kita.

Apakah itu SIRI?
Bukan, ternyata Apple tidak menggunakan aplikasi pengenal suara seperti SIRI yang digunakan pada iPhone 4S

Bagaimana dengan Aplikasi Baru yang ditanam ?
iPad generasi baru ini ternyata tidak menjanjikan yang muluk-muluk dalam hal aplikasi. Apple hanya menambahkan aplikasi editing foto seperti iPhoto, editing video iMovie yang selama ini sudah digunakan pada laptop Apple. Aplikasi lain adalah pengembangan dari GarageBand yang sudah ada.

Apa jenis Koneksi yang digunakan ?
Ini adalah iPad pertama yang menggunakan koneksi 4G LTE yang menawarkan kecepatan tinggi hingga 10 kali lebih cepat dibandingkan 3G. Keunggulan streaming musik dan video dari iPad ini tentu harus didukung dengan kecepatan koneksi yang hebat..

Bukankah koneksi 4G belum tersedia di Indonesia ?
Memang belum. Sehingga jika kita sekarang sudah membeli dan memiliki, tentu belum bisa dimanfaatkan…

Berapa harga iPad 3 ?
Dalam beberapa situs di Indonesia, ternyata sudah ada yang menawarkan produk ini. Rentang harga untuk tipe 32GB 4G + WiFi adalah 9.6 jt – 9.9 jt. Sedangkan tipe 64GB 4G + WiFi rentang harganya 10.75 jt – 11 jt.

Apakah harga iPad 2 sekarang sudah turun ??
Yap. Harga iPad 2 sekarang sudah semakin layak untuk dibeli. Harga tipe 32GB 3G + WiFi adalah 6.199 jt dan 64 GB + WiFi sudah 7.199 jt

Mana yang seharusnya saya Beli sekarang ?
Disinilah letak masalahnya…..Apakah kita mau membeli yang lebih mahal hanya karena kualitas display atau gambar yang lebih hebat? Selisih lebih dari 3 juta rupiah adalah konsekuensi harga yang harus kita bayar.

iPad 2 tetaplah sebuah gadget yang hebat. Jika kita sekarang sudah memilikinya, sebaiknya kita menunggu sampai Apple benar-benar membuat gadget yang mengusung fitur-fitur baru yang luar biasa. Jika kita sudah punya iPad 1, boleh berpikir-pikir untuk meminang iPad 2 sekarang.

Apa alternatif Gadget yang bisa kita lirik selain iPad 3 ?
Saat ini sudah banyak gadget atau tablet berbasis Android yang memiliki kemampuan hebat. Yang sangat dipuja banyak orang adalah Samsung Galaxy Tab 10.1 (situs Bhinneka memajang dengan harga 6.888 jt untuk tipe 32GB HSPA + WiFi). Ada juga ASUS Eee Pad Transformer dengan harga 5.999 jt.

Semua kembali ke pilihan Anda…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: