TOP TREND tahun 2012

Setiap tahun, para pelaku industri berbondong-bondong menghadiri Consumer Electronics Show di Las vegas (10 – 13 Jan 2012:: http://www.cesweb.org)  untuk mengetahui dan juga memperkenalkan gadget dan perlengkapan elektronik terbaru. Pameran ini tidak hanya menampilkan produk, tapi juga menyajikan kemana arah industri elektronik dunia. Tahun ini banyak sekali produk dan teknologi yang ditampilkan. Namun saya akan coba simpulkan beberapa yang akan menjadi “trending topic” di tahun 2012 ini.

WINDOWS 8
CES 2012 kali ini, Microsoft berupaya untuk tampil “all out” dan besar-besaran. Dalam sesi “keynote presentation”, CEO Microsoft Steve Ballmer bahwa Microsoft sangat antusias dalam penyiapan produk Windows 8. Hal ini dibuktikan dimana hampir semua produk ultrabook dan tablet menampilkan Windows 8.

Setelah sekian lama mengabaikan pesaing terdekatnya, Google (melalui ekosistem Android) dan Apple (melalui ekosistem Itunes) sepertinya Microsoft tidak mau ketinggalan dan akan mengembangkan ekosistem yang mirip melalui Windows 8 ini.

ULTRABOOKS
Tahun 2012 adalah saatnya bagi pembuat PC untuk mengejar dan menyaingi Macbook Air. Vendor besar seperti Dell, HP, Sony, Lenovo, Acer dan lainnya sudah memiliki senjata andalan Ultrabook yang disokong oleh processor Intel terbaru. Berbagai keunggulan utama seperti ultra-tipis, ultra ringan dan dengan rentang lebar layar tertentu. Disebut-sebut saat ini sudah ada 75 tipe ultrabook yang sudah beredar di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

LAYAR SENTUH
Saat ini layar sentuh bukan lagi monopoli bagi tablet. Sistem operasi PC sudah dipersiapkan untuk “touch friendly”. Bahkan beberapa diantaranya sudah dilengkapi dengan “stylus” untuk membantu pengguna yang tidak ingin layarnya kotor oleh tangan.

Namun untuk Televisi, teknologi layar sentuh sepertinya belum menjadi kebutuhan.

3D (Tiga Dimensi)
Tampilan 3 Dimensi yang selama ini digadang-gadangkan akan menjadi area baru sepertinya tidak seperti harapan. Bahkan para pengamat di CES menyebutkan 3D tinggal menunggu waktu untuk mati (akhir tahun 2012). LG adalah satu-satunya pabrikan yang cukup ngotot mengeluarkan produk-produk berbasis 3D. Sony sebagai pesaing kelihatannya sudah akan berniat untuk mengakhiri lini produk 3Dnya. Fokus Sony saat ini lebih pada Ultrabook dan Xperia smartphone.

SmartTV
Meskipun saat ini SmartTV sudah banyak beredar, para calon pembeli masih dipusingkan dengan fitur-fitur pintar yang ditanam. Mulai dari kemampuan yang bisa terhubung dengan telepon seluler (asalkan mereknya sama), download tayangan film, port yang banyak. Teknologi masih berkembang dan diharapkan akan semakin matang.

Selanjutnya…?? tergantung kita. Mau hanya sebagai pengamat atau ikut menjadi bagian dan menikmati trend ini…

============================ EJ ==========================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: