Offroad Pemanasan di Kawasan Bandung Utara

Lama menunggu musim hujan yang tak kunjung selesai, Sabtu di awal Pebruari 2012 lalu saya mendapat tawaran dari kawan lama untuk menjajal kembali trek offroad kawasan Bandung Utara tepatnya kawasan Sukawana, Lembang.

Pagi pukul 07.30 setelah bersiap-siap kami bertemu di rumah kawan di daerah Cihanjuang. Selepas sarapan kami pun meluncur ke kawasan Kolonel Masturi Lembang. Setelah memastikan seluruh group siap, perjalanan dilanjutkan.

Trek kawasan Sukawana ini merupakan kawasan hutan lindung yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan alam seperti hiking, outbond, adventure (jip, sepeda MTB dan motor trail). Kawasan ini cukup sejuk dan terjaga karena ditumbuhi hutan dan semak yang cukup basah. Kemudahan akses yang dekat dari berbagai kota (Bandung, Cimahi dan Bandung Barat) menjadi magnet tersendiri kawasan ini.

Perjalanan diawali dari kawasan perumahan yang berjalan batu atau makadam, goyangan suspensi belakang yang cukup mumpuni tentu dapat membantu kemudahan handling dan traksi. Tanjakan dapat dengan mudah dilalui dengan teknik berkendara sambil berdiri sambil paha menjepit tangki.

Kami tidak memperkirakan hari itu ternyata panas cukup terik menerpa kulit dan tubuh kami. Persediaan air minum yang kami bawa ternyata cukup kritis sehingga semua rekans menghemat air. Di sela-sela rimbunnya hutan akhirnya tim memutuskan istirahat.

Bekal mulai kami habiskan satu persatu.

Setelah melepas lelah, kami melanjutkan perjalanan. Single trek yang masih berlumpur cukup dalam dan licin menguras tenaga kami. Beruntung seluruh tim tidak menggunakan motor yang berat sehingga setiap anggota dapat menguasai kendaraannya dengan mudah. Maksud saya jika jatuh angkat sendiri!!

Jalan yang berlumpur tebal ternyata membuat salah satu motor 4 tak yang kami kendarai tidak bisa memberikan akselerasi yang semestinya. Kami sudah memperkirakan bahwa kendala ini terjadi karena kampas kopling yang sudah aus. Beruntung kami membawa anggota tim yang memang mumpuni dalam perbaikan mesin. Dalam waktu yang kurang dari 1 jam bengkel dadakan kita buka di hutan Sukawana…..

Sementara perbaikan di lakukan, rekans yang lain kembali melepas lelah sambil berdiskusi untuk trek selanjutnya.

Tak sampai 2 jam perjalanan kami menuju TUGU yang dibangun oleh Sespim Polri di salah satu puncak bukit di kawasan Sukawana. Diselingi rintik hujan kami bersama mengambil foto. Sayang rasanya melewatkan spot nan Indah dan Kami sangat bersyukur karena Allah SWT memberikan anugrah alam yang luar biaya kepada Indonesia.

Hujan ternyata semakin lebat, sehingga kami memutuskan kembali lagi turun kebawah dan mengambil jalur lain untuk kembali pulang. Di tengah suasana yang cukup dingin dan kabut yang sudah mulai turun (sedikit gelap) – kami bergegas turun dengan penuh kehati-hatian karena jalan sudah sangat rusak.

Pas Azan Magrib, sesuai dengan rencana semua anggota sudah sampai di rumah masing-masih.

Bravo Adventure….!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: