Wisata Petualangan Bawah Laut ala Richard Branson

Ada-ada saja ide gila yang terbayang dalam benak Sir Richard Branson. Kita pasti sudah tahu bahwa ide atau rencana Richard dalam membuat sebuah sarana wisata mewah ke tempat yang benar-benar baru khusus untuk orang super kaya di dunia ini. Kali ini Richard menciptakan sebuah wahana baru untuk menaklukkan dunia bawah laut. Sebelumnya Richard sudah menciptakan sebuah pesawat ruang angkasa yang dinamakan Virgin Galactic Commercial Spacecraft.

Apa yang dilakukan? Milyarder kelas dunia ini menciptakan sebuah kendaraan selam bawah laut yang memiliki 1 tempat duduk seharga 17 milyar dolar untuk mencapai bawah laut. Tahap awal kapal ini akan mencoba penyelaman di kedalaman 36.200 kaki di bawah permukaan laut. Sebutannya adalah VIRGIN OCEANIC.

Kapal selam berukuran panjang kurang lebih 5.38 meter ini didisain oleh seorang spesialis pencipta kapal selam Graham Hawkes.

HIngga saat ini, sudah 250 orang yang mendaftar dan membeli tiket untuk eksplorasi laut dalam. Richard sangat optimis bahwa ini adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. “Great Business can come from great challenge”, demikian ungkapan manusia yang kerap disangka gila ini.

Beberapa target wisata dengan kapal selam ini sudah dipublikasikan, diantaranya : Mariana Trench (Samudra Pasifik), Puerto Rico Trench (Samudra Atlantik), South Sandwich Trench (Southern Ocean), the Diamantina Trench (Samudra Hindia) dan the Molloy Deep (Laut Artic).

Dari spesifikasinya, kapal selam ini bisa menjelajah dengan kecepatan maksimum 3 knot dan bisa menyelam dengan kecepatan selam 350 feet permenit. Dengan perhitungan ini, Virgin Oceanic bisa mencapai dasar marina trench dan kembali ke permukaan dalam waktu 5 jam saja. Penyelaman tahap pertama ini adalah untuk membuktikan bahwa kapal selam ini mampu bertahan pada tekanan yang ekstrim di dasar laut dan aman dikendarai oleh manusia. Dalam 2 tahun ke depan, Richard sudah menjadwalkan target-target wisata yang akan ditempuh.

Melihat perilaku orang kaya yang haus publikasi, Richard bekerja sama dengan Google Earth, dimana setiap ekspedisi yang dilakukan akan selalu terdokumentasi dalam situs Google.

 “If someone says something is impossible, we like to prove it’s possible. I love learning and I’m just very fortunate to participate in these kinds of adventures,” ungkap Richard Branson saat ditanya wartawan.

Spesifikasi VIRGIN OCEANIC :

Body : terbuat dari bahan carbon fibred an titanium ringan yang tahan terhadap tekanan ekstrim bawah laut.

Kaca depan (wind screen) : tahan terhadap tekanan sebesar 6.500 ton (3x lebih kuat dari pesawat ruang angkasa)

Sayap : tidak seperti kapal selam lain, sayap dapat membantu memudahkan kegiatan penyelaman sampai sedalam 10km.

Crew : 1 orang

Kedalaman jelajah : maksimum 11.3 km

Durasi jelajah : 24 jam

Kecepatan jelajah maksimum : 3 knot

Kecepatan jelajah : 2.2 knot

Ukuran/ Berat : 5.38 m x 3.83 m x 1.7 m/ 3.63 ton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: