Langkah menghindari Infeksi Flu Babi

April lalu saya pernah menulis catatan dengan bahaya Flu Babi atau Swine Flu ini…Namun akhir-akhir ini kecemasan melanda di negara kita mengingat tiap minggu selalu ada perkembangan pasien baru yang tertular virus ini.

Sekedar mengingat kembali, flu babi ini awalnya ditularkan dari babi ke manusia, namun sekarang berubah dari manusia ke manusia dan virus ini merupakan salah satu virus yang cukup mematikan.

Ahli medis saat ini juga belum yakin dengan obat seperti Tamiflu atau Relenza yang dapat mematikan efek virus ini. Saat ini The Centers for Disease Control and Prevention(CDC) masih mengembangkan obat yang ampuh untuk menyembuhkan Flu Babi ini.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu mari kita pahami bersama langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah agar kita tidak terinfeksi Flu Babi.

Langkah 1; Tinggal di rumah.

Jika Anda sakit atau mengalami gejala Flu sebaiknya tinggal saja di rumah. Jangan pergi ke luar rumah. Gejala flu seperti demam mirip seperti gejala terinfeksi flu Babi ini.

Langkah 2: Waspadai batuk

Batuk atau bersin yang hanya ditutupi tangan berpotensi memindahkan kuman dari tangan kepada benda-benda yang kemudian menjadi obyek sentuhan tangan. Virus flu babi sangat mudah menular dan proses penularannya melalui sentuhan obyek dan masuk ke dalam tubuh kita. Masker anti flu sangat membantu untuk mencegah penularan melalui batuk ini.

Langkah 3: Cuci tangan se-sering mungkin

Rajin atau rutinlah mencuci tangan. Setiap benda yang kita sentuh mungkin sudah tertulari virus ini. Dengan tangan yang senantiasa bersih maka akan membantu kita untuk menghindari infeksi flu ini.

Langkah 4: Bawa desinfektan (hand sanitizer)

Bawalah selalu desinfektan yang mudah dibawa. Jika kita menyentuh benda-benda yang memang dipegang orang banyak (spt gagang pintu, keranjang atau troli belanja, bersalaman, dll) langsung saja gunakan hand sanitizer jika kita sudah bersentuhan dengan tangan kita. Karena mungkin saja benda tersebut sudah tertulari virus.

Langkah 5: Waspada di Fasilitas Umum

Kurangi menyentuh benda-benda yang ada di fasilitas umum. Hal ini disebabkan banyak sekali kuman-kuman bersemayam disana dan berpotensi untuk membawa virus swine ini.

Langkah 6: Perjalanan melalui udara

Jika kita melakukan perjalanan melalui udara ke lokasi tertentu harap dipatuhi arahan-arahan yang berlaku. Apalagi di dalam pesawat udara gerakan dan udara sangat terbatas. Upayakan kondisi tubuh kita sehat dan hindari bersentuhan dengan manusia atau benda-benda publik.

Langkah 7: Bersihkan apa yang akan kita makan.

Umur hidup virus sangat bervariasi, mulai dari 48 jam hingga 100 jam tergantung kekuatan hidup virus tersebut. Walaupun belum ada penularan flu babi melalui sayuran atau buah2an namun kita tetap harus waspada karena kemungkinannya tetap ada. Langkah terbaik adalah bersihkan buah atau sayuran yang akan kita makan.

Langkah 8: Hindari keramaian

Hindari keramaian sebisa mungkin. Sebisa mungkin hindari bersentuhan dengan orang-orang yang mungkin berpotensi terkena flu babi. Gunakan masker jika perlu. Paling tidak jarak 1 meter sudah cukup aman (tidak bersentuhan langsung)

Langkah 9: Hati-hati saat makan dan minum

Jangan makan dan minum jika tidak dipastikan tingkat kebersihannya. Virus flu babi berpotensi ditularkan melalui alat-alat makan/minum yang digunakan bersama-sama seperti piring, gelas dan sendok.

Langkah 10: Vaksinasi

Vaksinasi yang ada tidak efektif melawan virus H1N1. Jika kita tertular virus dan langsung ke dokter (dalam 36 jam) untuk mendapatkan vaksin seperti Tamiflu atau Relenza. Vaksin ini akan menghentikan pergerakan atau aktivitas virus Swine Flu ini.

Langkah 11: Pergi ke Dokter

Pergilah ke dokter jika kita mendapatkan gejala flu babi seperti demam yang disertai rasa sakit pada tubuh. Saat ini obat yang cukup efektif adalah Tamiflu dan Relenza (maksimum 36 jam setelah gejala itu muncul)

Diolah dari berbagai sumber – EJ –

2 responses to “Langkah menghindari Infeksi Flu Babi”

  1. Totok Heryadi says :

    trims.. c..u..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: