Kenapa Facebook diminati kaum berumur?

Sekilas flashback tentang Facebook. Pada bulan Februari 2004 seorang mahasiswa Harvard yang bernama Zuckerberg bersama dengan rekan sekelasnya meluncurkan aplikasi jejaring social dan diperkenalkan kepada dunia. Apakah dia mengira aplikasi ini akan sehebat sekarang?

Kenyataannya memang demikian….aplikasi ini sungguh diminati oleh netters di seluruh dunia. Anehnya lagi Facebook ini sangat disukai oleh generasi 60 s.d 80 an..Kenapa?

1. Facebook digunakan untuk mencari orang/rekans/kawan yang telah hilang jejaknya. Kita pada usia 25-35 bahkan 45 tentu sudah melewati berbagai jenjang pendidikan dan sekolah serta pekerjaan. Masing-masing fase tersebut sudah pasti dilengkapi dengan berbagai karakter rekan, mitra bahkan sejawat. Hampir seluruhnya bisa dikatakan terlupakan. Namun Facebook tidak pernah melupakannya.

2. Kita tidak selamanya di sekolah. Ada yang bilang masa sekolah adalah masa yang indah. Namun masa tersebut dirasa sangat singkat. Dengan Facebook kita dapat menggali kembali kenangan indah tersebut dengan menemui orang-orang yang pernah berbahagia dengan kita.

3. Tidak selamanya kita menyimpan album kenangan. Teman lama yang menyimpan foto/ autograph dengan mudah menyampaikan kenangan tersebut melalui foto, status atau pesan di Facebook.

4. Facebook tidak hanya jejaring sosial tetapi juga jejaring bisnis. Buat orang pencari kerja Facebook bisa menghubungkannya dengan pemberi kerja. Banyak orang sangat tergantung pada Facebook ini sehingga dengan mudah kita memotivasi orang untuk mengerjakan apa yang kita inginkan.

5. Facebook menyenangkan buat orang yang malas. Buat orang yang sudah bisa memenuhi segala kebutuhan, tentu kadang rasa malas menyelimuti kehidupan kesehariannya. Dengan melihat apa yang dilakukan oleh orang lain (melalui news feed) hal ini sangat menyenangkan.

6. Mengenang melalui tag foto. Dengan fasilitas tag di Facebook identifikasi rekans menjadi lebih menyenangkan. Kedekatan antara kita dan rekans menjadi lebih akrab.

7. Mendapatkan perhatian. Buat kelompok umur tertentu yang telah berkeluarga memberikan perhatian kepada anak-anak dalam aktifitas (foto dan video) merupakan mesin untuk merekatkan kembali hubungan kekerabatan.

8. Semakin tua untuk mengingat. Dengan semakin banyaknya daftar teman di Facebook kita maka aktifitas untuk mengingat semakin mudah. Cukup dengan melihat profile atau informasi dari rekans kita dapat mengingat kembali koneksi kita dengan teman.

9. Tidak perlu pintar. Tidak perlu tahu aplikasi lain seperti Twitter, Digg, dll.

10. Bukan generasi keren….Terhubung ke Facebook tidak harus pintar, kaya atau sukses….Saat ini sudah lebih dari 150 juta anggota Facebook dengan pertumbuhan pesat pengguna berusia 30-an.

Silahkan ditambahkan buat yang memiliki pendapat lain…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: