TWITTER…aplikasi masa depan??

Darimana sih ide Twitter berasal?

Adalah seorang Jack Dorsey yang mempunyai ide sederhana tentang keingintahuannya mengetahui apa yang dilakukan oleh teman-temannya. Jack penasaran pasti ada peluang jika kita membuat sesuatu yang menarik dengan konsep status (kondisi) teman-teman yang sederhana. Selanjutnya dia menyampaikan ide tersebut ke beberapa rekannya. Akhirnya diputuskanlah untuk membuat sebuah prototipe.

Twitter sendiri pertama kali ditemukan oleh Obvious, sebuah komunitas kreatif di San Fransisco. Prototipe pertama dibangun selama 2 minggu pada bulan Maret 2006 dan diluncurkan ke umum pada Agustus 2006. Aplikasi ini kemudian menjadi popular dengan sangat cepat sehingga Twitter berkembang di luar Obvious. Pada Mei 2007 dibentuklah badan usaha Twitter (Twitter Incorporated)

Apa itu Twitter?

Twitter adalah layanan social networking (jejaring sosial) dan micro-blogging cuma-cuma yang memungkinkan setiap penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan-pesan terbaru yang dikenal dengan istilah tweets. Tweets adalah layanan pesan informasi berbasis text (maksimal 140 karakter) yang bisa ditampilkan dalam sebuah user profile dan dikirimkan kepada pengguna lain yang sebelumnya telah menyetujui (subscribe); istilah lainnya adalah follower. Si penerima pesan dapat membatasi informasi yang disampaikan sesuai dengan kelompok atau orang-orang yang diinginkannya atau justru malah membebaskan seluruhnya. Layanan ini sifatnya cuma-cuma atau gratis jika menggunakan media internet. Namun kalau melalui SMS tentu tetap berbayar (tergantung penyedia jasa selulernya)

Kenapa banyak orang menyukai Twitter?

Kemudahan atau kesederhanaan merupakan kunci utama suksesnya Twitter. Setiap orang semakin ingin untuk berhubungan dengan orang lain dan Twitter membuatnya menjadi mudah. Twitter cukup menanyakan ”Kamu sedang apa”. Jawaban yang sangat simpel (maksimal 140 karakter) dapat dikirim dengan mudah dan cepat baik melalui handphone, instant message atau internet.

Teknologi inti dari Twitter adalah perangkat sistem pesan yang mampu menyampaikan informasi dengan konsep jejaring sosial (social networking). Dengan menerima pesan dari SMS, internet, mobile internet, instant message atau aplikasi lain Twitter menjadi semakin mudah untuk digunakan dan dikembangkan.

Kita bisa melihat bagaimana berkembangnya situs Facebook yang mengandalkan fasilitas ”status” atau kotak ”What’s On Your mind?” di atas. Update status yang kita buat akan mengundang rekan atau kerabat memberikan komentar atau feedback atas status kita.

Apakah dengan Twitter kita menjadi kebanjiran informasi?

Jawabannya adalah tidak. Karena Twitter sudah membatasinya. Dengan pertanyaan sederhana ”Kamu sedang apa?” otomatis tentu jawabannya sederhana pula sehingga setiap penyampai pesan tidak akan kebanjiran informasi.

Alhasil, dengan menggunakan Twitter orang akan tetap selalu saling berhubungan. Bentuk hubungannya pun sederhana. Kita tidak akan mendapatkan respon jika kita tidak memberikan informasi terbaru (update). Ini berarti bahwa informasi yang kita dapatkan adalah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita sehingga kita akan merasa nyaman. Kendali ada di tangan kita.

Bagaimana Twitter dibuat?

Para ahli pemrograman membuat aplikasi Twitter dengan kerangka yang dikenal dengan Ruby on Rails. Aplikasi ini bekerja di atas platform Macintosh. Platform Macintosh dipercaya karena kemudahan dalam pembuatan aplikasinya.

Apakah dengan Twitter kita bisa mendapatkan uang?

Twitter dipercaya bisa mendatangkan peluang untuk menghasilkan pendapatan atau uang. Namun hal ini tergantung bagaimana kita mengimplementasikannya. Bagaimana bisa membuat sebuah arus informasi tanpa orang merasa terganggu dan bisa dinikmati oleh jutaan orang penggunanya.

Beberapa hal yang bisa dijadikan contoh adalah kontak atau komunikasi dengan artis atau selebritis. Hal ini sudah dimulai oleh layanan SMS Artis, kontak jodoh, dan lain-lainnya. Jika seorang artis melakukan sesuatu dan kabar tersebut bisa diterima oleh jutaan penggemar di seluruh dunia atau Indonesia tentu ini bisa menjadi peluang untuk mendulang pendapatan.

Kondisi politik terakhir dalam masa kampanye Calon Presiden 2009 – 2014 bisa dijadikan contoh kasus kan?

Ke depan Twitter mau jadi seperti apa?

Para ahli atau pengembang Twitter ternyata sudah meneliti perilaku pengguna dan mengembangkan sejumlah fasilitas baru di dalamnya. Salah satunya adalah situs mobile (m.twitter.com). Dengan tampilan yang sederhana dan prinsip bahwa manusia adalah makhluk sosial. Senang mendapatkan informasi dan berbagi informasi dengan yang lain (update), berkehidupan sosial (berorganisasi) merupakan kunci andalan aplikasi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: