Bisakah sebuah Negara bangkrut?

Ini adalah sebuah kalimat yang luar biasa…..tapi inilah yang terjadi. Ini adalah pertanda bahwa krisis global sudah memasuki gelombang baru dan dalam fase yang berbahaya.

Bangkrut dalam arti luas (sebuah negara) adalah dimana sebuah negara tidak mampu lagi membayar hutang-hutangnya. Dan mata uang negara tersebut menjadi tidak bernilai di mata dunia. Ini berarti negara tersebut tidak lagi mampu membayar untuk barang-barang yang dibeli (impor)

Kasus bangkrutnya negara Islandia (Iceland) merupakan kasus pertama di dunia dimana sebuah negara dikatakan bangkrut akibat krisis finansial global.

Islandia adalah sebuah negara berbasis kepulauan yang memiliki penduduk sebanyak 320.000 jiwa dengan luas 103.000 km persegi yang berada di Atlantik Utara. Negara ini terkenal dengan sumber mata air panas, geyser dan gunung api aktif. Islandia merdeka dan membentuk negara republik pada tahun 1944 dan menjadi sebuah negara dengan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Namun di akhir 2008 negara ini diserang serbuan krisis finansial dan membuat negara ini seketika jatuh miskin.

Dalam beberapa tahun ke belakang negara ini terkenal dengan biaya hidup yang tinggi (salah satu yang tertinggi di dunia)

Pada awal tahun 2000, akibat dari privatisasi sektor perbankan Islandia juga mengalami booming kredit global. Seluruh bank melakukan expansi secara luas ke seluruh dunia dan mata uang asing memenuhi negara tersebut dengan pertumbuhan yang luar biasa. Kredit dikucurkan untuk pasar hipotek (mortgage) baik lokal maupun di wilayah Inggris dan Skandinavia. Dalam waktu yang singkat (5 tahun); seluruh bank berubah dari domestic lenders (peminjam lokal) menjadi sebuah international financial intermediaries. Profesor ekonomi dari London Business School (Richard Portes) menyebutkan bahwa 2/3 dari sumber pembiayaan berasal dari domestic dan 1/3 dari luar negeri. Akibatnya bank-bank tersebut memiliki aset asing yang bernilai lebih kurang 10 kali lipat dibanding GDP (Gross Domestic Bruto). Apa yang terjadi jika asset asing tersebut collaps?

Krisis global financial 2008 memperjelas ketergantungan ekonomi Islandia pada sector perbankan. Sebagai akibatnya ekonomi tergara tersebut masuk ke jurang keruntuhan. Pada bulan Oktober 2008, pemerintah mengambil alih kendali 3 Bank utama sebagai dukungan untuk menstabilitasasi sistem finansialnya. Dalam waktu singkat Islandia menjadi negara pertama di Eropa yang meminta International Monetary Fund (IMF) untuk emergency financial aid sejak tahun 1976.

Apa yang terjadi sekarang?

Bisnis tidak berjalan mulus. Saham tidak bisa dijual untuk mendapatkan uang dari bank. Kaupting, Bank terbesar di Islandia ditutup perdagangannya. Landsbanki dinyatakan bangkrut dan seluruh nasabah tidak dapat mengambil uangnya. Bank ketiga terbesar, Glitnir Bank juga mengalami hal yang sama kemudian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah membuat sebuah perjanjian peminjaman dengan Rusia senilai US$ 5.4 Milyar untuk menutupi kewajiban bank-bank tersebut. Akibat lain adalah turunnya nilai mata uang Islandia, Krona menjadi tak berharga. Rakyat Islandia mulai menyalahkan pemerintah dan regulasi pasar yang telah dibuatnya

Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Banyak Negara yang memiliki hutang luar negeri yang relative lebih besar dari ekonomi negaranya. Sebagai contoh, Amerika Serikat sebagai Negara yang terkena dampak krisis memiliki hutang luar negeri sama dengan GDP Begitu juga dengan Canada dan Italia. Jepang memiliki hutang luar negeri 40-50% dari GDP. Terakhir Jerman dan Perancis memilihi hutang luar negeri 140-150% dari GDPnya.

Pemerintah Islandia sudah menyatakan meminta bantuan IMF. Mata uang Krona akan menjadi sejarah. Pemerintah tidak akan bisa mengendalikan ekonomi negaranya. Islandia harus bergabung dengan Uni Eropa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: