Sampah di Luar Angkasa….

Ternyata, setelah 51 tahun aktifitas manusia di luar angkasa hasilnya sungguh luar biasa. Anda bisa bayangkan saat ini ada sekitar 18.000 obyek yang mengorbit bumi. Jumlah tersebut pada kenyataannya meningkat dari waktu ke waktu. Efeknya adalah besarnya resiko tabrakan antar obyek tersebut di luar angkasa semakin tinggi.

PBB juga sudah memikirkan hal ini. Walaupun obyek tersebut sudah tidak terpakai kondisinya tetap saja mengapung (floating) di luar angkasa. Kekhawatiran PBB adalah:

(1) Apa yang akan kita lakukan jika luar angkasa dipenuhi oleh sampah luar angkasa (space junk)?

(2) Apa langkah selanjutnya untuk membersihkan sampah tersebut? Bagaimana jika jatuh dan menimpa planet bumi?

Baru-baru ini telah terjadi tabrakan dua satelit besar milik AS dan Rusia sekitar 790km di atas Siberia, Rusia. Puingnya mengakibatkan penambahan sampah-sampah di luar angkasa.

Berdasarkan laporan Space Security Index tahun 2008, sebelum tabrakan itu terjadi, ada lebih dari 300.000 obyek di sekeliling bumi yang berdiameter 1-10 cm dan ada miliaran obyek yang lebih kecil. Obyek-obyek itu bergerak dengan kecepatan mencapai ribuan kilometer perjam sehingga kepingan-kepingan paling kecil pun bisa menyebabkan kerusakan besar saat menabrak obyek lain.

Sekitar 6000 satelit telah diluncurkan ke luar angkasa sejak Uni Soviet meuncurkan pengorbit buatan manusia pertama, yaitu Sputnik tahun 1957. Menurut STRATCOM sekitar 800 satelit masih tetap beroperasi. Sedangkan menurut NASA World Book ada sekitar 3000 satelit yang masih berfungsi.

Tabrakan obyek tersebut ternyata berdampak panjang. Pejabat Rusia dan AS saling menuding dan menyalahkan perihal tabrakan itu. Ahli Rusia menyebutkan bahwa NASA gagal memberi peringatan sebelum tabrakan yang disebabkan kegagalan sistem atau kesalahan manusia. NASA mengatakan justru sebaliknya karena satelit mereka berfungsi dengan baik dan pada posisi yang seharusnya.

Repotnya lagi ternyata cukup banyak satelit yang saat ini berada pada posisi yang berdekatan dengan satelit tabrakan tadi. Ada sekitar 65 satelit Irridium yang menghadapi resiko tabrakan. Saat ini para ahli luar angkasa ternyata masih mencoba menemukan bagaimana cara mencegah tabrakan di luar angkasa.????

Anda mungkin berpikir ini adalah aneh…Tapi sampai saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa sampah di luar angkasa adalah sesuatu yang tidak aneh….


5 responses to “Sampah di Luar Angkasa….”

  1. neyra07 says :

    waah,benar2 gk bisa di bayangin y, klo semua sampah jatoh ke bumi..nice info

  2. tomztimz says :

    Dan ternyata yang kita sering pikir bintang jatuh, adalah sampah satelit atau juga satelit tua yang karena gaya gravitasi bumi jatuh ke bumi….
    Karena kalau asteroid, pasti setidaknya pihak LAPAN ataupun NASA ataupun lainnya akan memberitahu

  3. dedis says :

    mengapa lah bapak ibu,batu luar ngkasa jatuh ke bumi.>>>>/???????????????

  4. mahcfudz arief fudis qhairo says :

    nga kebayang kalau sampah2 luar angkasa jatuh kebumi pasti hancur semuaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: