Menaklukkan Hipertensi

Dari sekitar 1 Milyar penderita hipertensi di dunia, 700 juta diantaranya penduduk di Negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Semoga anda bukan salah satunya. Tapi bila sampai itu menimpa anda atau orang-orang terdekat anda, jangan khawatir. Ada 6 cara untuk menaklukkannya.

Kebanyakan pria, mungkin termasuk anda atau saya, tidak terlalu memperhatikan salah satu bagian terpenting dari tubuh yaitu: TEKANAN DARAH. Pada satu titik tekanan darah itu melonjak mencapai zona merah dan tidak beranjak lagi.

Tekanan darah normal adalah 120mmHg/80mmHg. Jika tekanan darah anda mencapai 130mmHg/85mmHg, maka anda sudah termasuk kategori penderita Pre-Hipertensi dan harus mulai waspada.

Dokter ahli menyebutkan bahwa Tekanan Darah Tinggi berpotensi meningkatkan resiko terhadap stroke dan serangan jantung mencapai 2 hingga 4 kali!!! Dan yang tak kalah penting adalah hanya sepertiga dari penderita hipertensi yang dapat mengontrol tekanan darah mereka….

6 cara untuk menaklukkan hipertensi

1. Kecilkan Lingkar Pinggang

Bukan berarti orang kurus bebas dari tekanan darah tinggi ya???

Saat tubuh anda kelebihan berat badan, bisa dipastikan tubuh anda dipenuhi gumpalan lemak. Lemak-lemak itu menempel pada dinding-dinding pembuluh darah, bahkan menghimpit pembuluh darah hingga menyebabkan lubangnya menyempit hingga jantung harus bekerja ekstra keras memompa agar darah tetap mengalir ke seluruh tubuh.

Setiap penurunan 10 kg berat tubuh, berarti anda juga menurunkan 5 sampai 20 mmHg tekanan darah. Nah, bagaimana untuk mendapatkan berat badan yang ideal?

Cara yang tepat adalah melakukan diet dengan benar. Hindari minyak goreng (ganti dengan minyak zaitun), hindari kolesterol dan perbanyak konsumsi sayuran serta buah-buahan.

2. Terus gerakkan tubuh

Dengan rutin melakukan latihan aerobic maka anda dapat menurunkan tekanan darah hingga 10mmHg, Pembuluh darah yang terlatih dengan baik akan menjadi lentur dan mengembang dengan mudah. Kondisi ini akan sangat membantu mengontrol tekanan darah, sekalipun anda sedang stress.

Cara termudah selain aerobic adalah dengan latihan mencengkram bola karet 3-4 kali seminggu selama 50 menit.

Rutinitas dan latihan yang terstruktur merupakan kunci untuk menurunkan tekanan darah. Jangan melakukan latihan secara berlebihan karena akan menghilangkan manfaat yang seharusnya anda dapatkan.

3. Jangan terlalu asin

Selain membuat tubuh anda akan menahan air, Kristal putih yang bernama garam akan meningkatkan kekentalan darah anda.hingga berpengaruh pada tekanan darah. Hasilnya sangat mematikan. Para peneliti menyimpulkan bahwa semakin banyak sodium yang anda konsumsi, semakin pendek usia anda.

Makanan rumah sangat membantu untuk mengurangi konsumsi garam. Hindari makanan siap saji atau fast food, makanan yang sudah diproses (kalengan) atau mengganti garam anda dengan garam kalium yang dijual di supermarket. Dengan mengurangi konsumsi garam maka anda dapat menurunkan 5 – 10mmHg tekanan darah. Konsumsi ideal adalah 2.4 gram dalam sehari.

4. Kelola stress

Denyut jantung kita akan makin keras saat merespon ketegangan atau ketika tubuh memberikan respon yang menimbulkan gelombang adrenalin. Saat itu tekanan darah meningkat. Begitu juga stress kronis atau stress menahun yang berpotensi terjadi pada saat Anda bekerja…..Stress dapat meningkatkan tekanan darah secara permanen!!

Banyak cara mengelola stress, diantaranya melakukan kegiatan yang kita sukai seperti bermain musik, membersihkan rumah, tanaman hias, mencuci mobil, atau pijat refleksi yang bisa membuat anda lebih rileks.

5. Jangan terlena

Beberapa pria dapat hidup normal dan melakukan segalanya dengan baik walau memiliki tekanan darah tinggi. Tapi bila itu adalah anda, jangan berpikir bahwa kondisi itu merupakan kondisi normal dan tidak berbahaya bagi jantung anda. Segera hubungi dokter jika anda memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dan permanent. Kurangi mengkonsumsi obat pengurang rasa sakit.

6. Stop mabuk-mabukan dan rokok

Sekali anda minum lebih dari 2 gelas minuman beralkohol dalam satu hari maka otomatis anda berpotensi untuk menerima resiko tekanan darah tinggi. Alkohol akan membuat darah menjadi kental dan berat sehingga sulit mengalir. Apalagi kalau mengkonsumsi alkohol pada saat perut kosong.

Cara terbaik adalah mengubah perilaku minum alkohol dengan minuman yang lebih sehat seperti JUS. Penelitian American Health Jurnal pada orang yang minum jus tomat selama 8 minggu ternyata dapat menurunkan tekanan darah hingga 10mmHg. Jus tomat akan lebih efektif jika ditambahkan setangkai daun seledri. Seledri adalah daun yang berserat tinggi yang telah digunakan selama berabad-abad lamanya.

============ EJ ============

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: