Mensukseskan Pemilu 2009 yuk………

Dalam beberapa artikel di media cetak dan internet, sering disebutkan bahwa potensi kesalahan pemilih dalam  pemilu mendatang diperkirakan masih cukup tinggi. Dari hasil simulasi yang dilakukan oleh Partai PAN menunjukan 40% pemilih masih salah dalam menyuarakan hak pilihnya. Hal ini juga terungkap pada saat sosialisasi pemilu 2009 di komplek perumahan saya beberapa waktu yang lalu.

Salah satu potensi kesalahan terjadi karena lebarnya kertas suara dan ada empat kertas suara yang harus di contreng atau dicoblos.

Anda bisa bayangkan usuran kertas suara untuk pemilihan caleg DPR RI ternyata lebih lebar dari ukuran kertas koran Kompas atau berukuran 100cm x 40 cm. Melihat usuran sebesar itu bisa dipastikan pemilih akan kesulitan.

Surat suara terdiri dari 4 buah, yaitu : Surat suara Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Masing-masing surat suara dibedakan berdasarkan warna tertentu.

Waktu Pemungutan Suara
Hari/Tangga. : Kamis/ 9 April 2009

Waktu : 07.00 – 12.00 waktu setempat
Lokasi : TPS sesuai dengan lokasi Tanda Daftar Pemilih yang dimiliki.

Layout TPS

Anda gak perlu khawatir tentang dimana harus memilih karena Ketua KPPS akan mengirimkan Surat Pemberitahuan untuk memberikan suara kepada pemilih, selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

Kalau tetap tidak mendapat Kartu Pemilih, Anda dapat meminta lepada ketua KPPS setempat cukup dengan menunjukkan kartu tanda penduduk atau identitas lain yang sah selambat-lambatnya 24 jam sebelum hari pemungutan suara dengan.

Apa yang berbeda pada Pemilu kali ini adalah teknik pemilihannya. Kalau dulu dengan cara mencoblos…Sekarang cukup dengan mencontreng atau tanda centang. Tanda centang ini cukup diberikan satu kali pada kolom nama partai atau kolom nomor calon atau kolom nama calon anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota. Boleh juga kok kalau dicentang pada fotonya (tetap 1 kali ya…)

Pemilih- tidak boleh membubuhkan tulisan dan catatan lain pada surat suara; dan surat suara yang terdapat tulisan dan atau catatan lain, surat suara tersebut dinyatakan tidak sah.

Seperti apa sih proses mencontreng di TPS? Nah untuk memudahkan dan mempercepat proses pemilihan, setiap pemilih harus tahu alur dalam melaksanakan Pemilu 2009. Nih alurnya….

Selamat memilih…..

Satu Suara Untuk Masa Depan, Tandai Pilihanmu
Teliti Calonnya, Centang Namanya

Ingat Jadwal Pemilu Legislatif 2009 Kamis, 9 April 2009 Pukul 7 Pagi sampai 12 Siang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: