Apa beda laptop dan notebook?

Istilah laptop sangat populer berkat acara “Empat Mata” yang dibawakan oleh pelawak Tukul Arwana setiap malam di salah satu stasiun TV swasta tanah air.”Kembali ke Laptooop” adalah icon Tukul dalam acara tersebut. Nah…kenapa kembali ke Laptop? Bukan kembali ke notebook atau ke PC? Benarkan laptop atau notebook adalah barang yang sama?

Biar tidak gaptek, yuk kita bedah istilah-istilahnya….

Personal Computer (PC)

Adalah istilah yang digunakan untuk komputer yang diletakkan di atas meja; biasanya untuk keperluan pribadi yang digunakan di rumah. Dinamakan PC karena terdiri dari CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. Istilah lain PC adalah desktop atau komputer yang diletakkan di atas meja (desk)

Laptop

Adalah komputer yang bentuknya ringkas dan portable (mudah dibawa kemana-mana). CPU, monitor dan keyboard menyatu menyerupai sebuah buku. Untuk menggunakannya dibuka terlebih dahulu. Kenapa namanya laptop? Karena setiap penggunanya selalu menaruh di atas pangkuan (lap)

Desknote

Selain PC yang diletakkan di atas meja, ada juga komputer portable dengan ukuran yang lebih kecil dari PC, namun tidak memiliki batere. Untuk dukungan daya, alat ini langsung dicatu listrik. Dengan catuan listrik maka harganya tidak semahal Laptop (komponen batere merupakan salah satu komponen yang mahal). Disebut desknote karena komputer ini mudah dibawa namun untuk penggunaannya sering ditaruh dimeja dengan catuan listrik.


Notebook

Setelah populernya istilah laptop, lalu lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah notebook.

Subnotebook

Adalah notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Ukuran notebook umumnya 14-15 inch. Subnotebook kisaran layarnya ada antara 10-13 inch.

Palmtop

Dengan berkembangnya teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop juga semakin kecil. Bahkan ukurannya sebesar telapak tangan (palm). Sehingga dijuluki palmtop

PC Tablet

Kebutuhan pengguna PC/notebook untuk bekerja dan berkomunikasi membuat pabrikan menciptakan alat input (input) device selain keyboard dan mouse. Alhasil muncullah alat tulis kecil seperti pensil yang disebut dengan stylus. Stylus digunakan untuk menulis di monitor laptop/notebook dimana monitornya bisa diputar dan dilipat layaknya kita menulis di atas kertas. Komputer ini dinamakan PC Tablet

Netbook

Istilah ini keluar sekira 2 tahun terakhir. Kebutuhan orang untuk terhubung ke internet setiap saat baik untuk chatting, surfing, update blog, facebook dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pabrikan berlomba-lomba membuat komputer portable yang ringan dan murah. Dari kondisi inilah lahir perangkat netbook atau notebook yang diperuntukkan bagi para netter (pelaku internet)

Rugged Laptop

Adalah laptop yang dikhususkan untuk kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan atau berpotensi terhadap benturan. Harganya paling mahal….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: