Apa yang kita dapat dari Secangkir Teh?

Kita memang sering minum teh, membeli teh bahkan menghidangkan teh kepada tamu yang berkunjung ke rumah kita…Tapi apakah yang kita ketahui tentang TEH itu sendiri?

Teh merupakan tumbuhan berdaun hijau yang berukuran kecil dan berbunga putih; masuk ke dalam famili Camellia. Tanaman ini berasal dari Cina, Tibet dan India Utara. India merupakan Negara penghasil teh nomor 1 di dunia.

Dari beberapa jenis teh yang cukup terkenal adalah Teh Hijau. Teh ini sudah dimanfaatkan oleh bangsa Cina sejak 4 ribu tahun yang lalu. Untuk membuktikannya sejumlah peneliti barat melakukan banyak penelitian untuk menggali khasiat teh hijau ini. Beberapa diantaranya adalah membantu penyembuhan penyakit : kanker, rheumatoid arthritis, menurunkan kadar kolesterol, mencegah infeksi, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan rasio kolesterol baik (HDL), menghambat gumpalan darah dan menurunkan kadar gula darah.

Penyebabnya adalah karena teh hijau mengandung EGCG; yaitu antioksidan yang daya kerjanya luar biasa. EGCG terbukti ampuh untuk membunuh sel-sel kanker tanpa merusak jaringan-jaringan di sekitarnya yang masih sehat. Selain itu EGCG juga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Juga yang tak kalah penting Teh Hijau ini bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian terakhir dari Amerika mempublikasikan bahwa pria yang mengkonsumsi kafein yang dikombinasikan dengan ekstrak teh hijau berhasil membakar kalori tubuh lebih banyak daripada meraka yang hanya mendapat kafein saja.

Pertanyaan selanjutnya adalah: berapa banyak teh yang harus kita minum sehari? Sejumlah peneliti menyimpulkan cukup dengan meminum 2 cangkir teh hijau setiap hari.

Agar minum teh kita benar-benar optimal, kita harus mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengkonsumsinya.

Larangan mengkonsumsi teh:

  • Jangan menambahkan susu dan jeruk peras ke dalam teh secara bersamaan, karena jeruk akan membuat susu menggumpalSetelah lewat 3-4 jam, jangan gunakan kembali teh celup bekas untuk buat teh baru. Udara yang terbuka akan membuat teh celup akan membuat reaksi kimia pada teh sehingga bisa menurunkan kualitasnya dan membahayakan kesehatan
  • Jangan merendam kantung teh celup terlalu lama; karena teh menjadi pekat dan rasanya akan menjadi pahit
  • Untuk menyeduh teh jangan gunakan air keran, karena umumnya air keran mengandung mineral yang cukup keras seperti kalsium, klorin yang dapat merusak cita rasa teh dan berdampak buruk juga bagi kesehatan. Sebaiknya gunakan air kemasan.
  • Sebaiknya jika ingin menambahkan susu upayakan susu dituang dahulu baru kemudian tehnya.

Anjuran dalam mengkonsumsi teh:

  • Baca kemasan dengan baik, ikuti petunjuknya
  • Gunakan air yang baik dan mendidih untuk menyeduh teh
  • Bersihkan poci dengan air mendidih; agar dapat membutuh bakteri yang ada dan menyingkirkan aroma tidak sedap

Teh Aroma Serai
Bahan :1 liter air,10 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan;3 lbr daun pandan;100 gr jahe bakar, kupas, memarkan;2 sdm daun teh;200 gr gula batu
Cara membuat:
Rebus air, jahe, serai dan daun pandan dengan api kecil, tutup panci, masak hingga mendidih. Masukkan daun teh, diamkan
Saring, tambahkan gula batu…sajikan selagi hangat

Teh Jahe Aroma Kayumanis
Bahan:½ sendok teh kering sesuai selera;200 ml air;1 ruas jahe, bakar sampai wangi;25 gr gula pasir;Sejumput bubuk kayu manis

Cara membuat:
Didihkan air kemudian masukkan daun teh kering, Tutup panci dan diamkan

Setelah air teh berubah warna masukkan 1 ruas jahe utuh yang telah direbus
Masukkan gula pasir, aduk hingga larut
Taburi bubuk kayu manis, sajikan

Kesimpulan : Mari kita minum lebih banyak teh….dan air putih tentunya dong!!

Sumber : Majalah Nova boss yang lagi nganggur…ditulis menjelang pulang ke rumah….

Leave a comment