Konser Angklung AWI “Enchanting Night”

Fantastis, satu kata yang keluar dari mulut saya ketika malam ini saya menyaksikan konser angklung persembahan Angklung Web Institute. Sederetan group musik angklung seperti Insperto Arumba Awi Orchestra, Arumba Parahiyangan dan Temen AWI Angklung Orchestra menyajikan alunan orchestra nan apik, mulai dari lagu klasik, lagu pop, lagu sunda, lagu latin hingga yang tak kalah modern adalah lagu Santorini dari Yanni yang dibawakan sangat energik oleh AWI malam ini.

Acara dimulai sepertinya rada terlambat, entah karena tamu undangan yang belum hadir atau memang karena hujan yang turun sejak sore hari membasahi kota Bandung. Saya bersama si sulung tepat hadir sesuai undangan yaitu pukul 19.30.

Tepat pukul 20.00 MC membuka acara dengan lagu Tea For Two, disambung dengan Donau Wellen, Medley dan lagu pop saat ini yaitu ”Cari Pacar Lagi” yang dipopulerkan oleh band ST12. Lagu-lagu ini dibawakan oleh Insperto Arumba Orchestra. Arumba yang merupakan singkatan dari Alunan Rumpun Bambu adalah band yang dikembangkan oleh AWI secara sukarela. Band ini sudah cukup banyak melakukan pementasan di Indonesia.

Selanjutnya kelompok musik Aruma Parahyangan kembali memainkan berbagai alat musik yang terbuat dari bambu. Mulai dari lagu Pachito El Che, Blue Moon, Tilil, Hungarian Dance dan dittup oleh lagu Measquenada.

Last but not least, inilah yang ditunggu-tunggu yaitu penampilan dari TEMEN AWI ANGKLUNG ORCHESTRA…!! Temen AWI tampil dengan sangat harmonis malam ini. Lagu-lagu seperti Also Sprach Zarathustra, Lalayaran, Somewhere My Love, O Solemio dimainkan cukup apik. Bahkan conductor kehormatan Bp. Obby A.R Wiramihardja (conductor Istana Negara – Ketua Masyarakat Musik Angklung) didaulat untuk memimpin lagu-lagu tersebut. Tidak ketinggalan juga conductor Nusantara Symphonic Orchestra asal Amerika Serikat, Edward C. Van Ness yang membawakan lagu New York, New York lagu yang dipopulerkan oleh Frank Sinatra tertata apik di telinga para penonton.

Tak kalah hebatnya adalah 2 conductor dari AWI, yakni Irma Noerhaty, SSi dan Roswita Amelinda yang membawakan lagu Santorini dan O Solemio yang terkenal itu.



Singkat kata dalam waktu 1,5 jam kepuasan saya terpenuhi menikmati alunan musik bamboo yang sangat eksotik, menawan dan penuh harmonik. Terima kasih untuk program director yang handal Bp. Tata Hendayana dan Bp. Budi Supardiman.

Apakah AWI itu?

AWI adalah satu komunitas yang disingkat dari Angklung Web Institute. Komunitas ini memiliki misi untuk menjadi pusat pengembangan kompetensi dan pengetahuan angklung dunia. Dengan misi ini AWI program AWI difokuskan untuk pengembangan 2 aspek yaitu Content dan Community. Dengan 2C ini AWI menciptakan program-program untuk memberikan sharing pengetahuan musik angklung di antara sesama anggota, menyediakan tempat penyaluran hobi di waktu senggang, dan pengembangan kemampuan pribadi atau tim dalam bermain angklung melalui rencana pementasan. Komunitas ini bersifat terbuka dan independen. Jadi, siapa saja boleh masuk menjadi anggota, tanpa dipungut biaya. Salah satu pendiri AWI ini adalah Budi Supardiman.

Cita-cita AWI adalah ingin membuat satu komunitas musik angklung yang bersifat multiplatform, yaitu sebagai bagian dari pendidikan dan industri musik, sekaligus juga menjadi wadah bagi semua orang yang ingin berkiprah dalam pengembangan angklung.

Saat ini AWI sudah memiliki tim angklung profesional yang dipersiapkan untuk keperluan sejumlah konser, baik di dalam maupun luar negeri. Anggota tim ini sudah beberapa kali mengisi acara konser di sejumlah event dan kini tengah dipersiapkan untuk konser di Sidney Opera House, Australia, Juli mendatang.

AWI juga berkiprah di ranah maya, yakni internet. Melalui situs yang dibangun yakni www.angklung-web-institute.com AWI membuat komunitas yang bersifat lokal Bandung menjadi bersifat global. Anggotanya yang mencapai 800 orang kini tersebar di seluruh dunia, sebagian besar berada di sejumlah negara Eropa.

Website AWI sendiri menyediakan beragam item terkait musik angklung seperti materi kursus, artikel, kliping berita seputar angklung, partitur lagu, form, dan tool untuk membantu para pelatih dan tim angklung. Bahkan, saat ini situs AWI menyediakan 2.000 lagu lengkap dengan aransemen untuk angklung. Jadi, bagi anggota AWI di Jerman yang butuh aransemen lagu baru misalnya, tak usah repot-repot datang ke Bandung, cukup men-download saja secara gratis di situs AWI. Semuanya tersedia, termasuk rincian membuat dan memainkan angklung..

Keberadaan situs AWI lebih kepada fungsi sebagai bank untuk lagu, data, dan informasi mengenai angklung. Untuk sementara, situs masih menggunakan dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Ke depan, akan dikembangkan dengan bahasa Jepang dan Jerman. “Misi AWI, selain menyebarluaskan angklung, juga menjadi bank data,” kata Budi, yang sudah mengaransemen lebih dari 100 lagu untuk angklung, termasuk nomor-nomor favorit seperti “Bohemian Rhapsody” (Queen), “Santorini” (Yani), dan “Winter Games” (David Foster).

Dimana AWI berlatih?

Komunitas AWI berlatih di Braga City Walk (BCW) Bandung setiap Sabtu dan Rabu sore, atau Minggu siang. Pada saat anda berjalan-jalan di BCW, anda pasti akan menjumpai salah satu pemandangan yang unik. Di salah satu sudut ruangan lantai dua, persis di depan food court area mal itu, akan tampak satu aktivitas yang mirip kelas darurat pengajaran musik. Puluhan anak, remaja, dan orang tua dengan seperangkat angklung di tangan, begitu saksama mengikuti instruksi dan gerak tangan seorang konduktor yang berdiri di depan mereka. Sementara itu, di belakang mereka beberapa orang tampak menjadi penonton. Cuplikan konser bisa diunduh di http://www.4shared.com/file/89171271/ed85c6fc/2009-AWI_Concert-4.html dan
http://www.4shared.com/file/89172751/cbcdc97b/2009-AWI_Concert-9.html

Untuk anda yang berminat untuk menjadi bagian dari komunitas AWI, bisa mendaftarkan diri di Angklung Web Institute, Braga City Walk 2nd Floor FII-07K Jl.Braga 99 Bandung Telepon 022- 9275 8500 atau email ke service@angklung-web-institute.com

@elfri-2009

6 responses to “Konser Angklung AWI “Enchanting Night””

  1. hery suseno says :

    Mas, dari lagu2 yang dimainkan tadi mantap cocok dengan selera saya, namun mohon maaf belum bisa gabung karena badan masih capek….lain kali mungkin akan ikut….blue moon (jazz) …New York2 (pop)…semua lagu enak pasti he..he….salam..

  2. Roswita Amelinda says :

    Atas nama rekan2 AWI, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi pak Elfri terhadap musik angklung. Saya minta izin untuk mendownload foto-foto dalam site ini sbg dokumentasi sekaligus content utk website AWI, facebook, dll. Sampai jumpa pada konser AWI berikutnya🙂

    Roswita AWI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: