Makan Enak: Kalori Kemana?

Kemarin malam setelah berolahraga rutin mingguan bermain badminton bersama rekans, bertepatan dengan janji saya untuk menjemput buah hati les piano. Menjelang pulang ternyata putra sulung saya mengajak untuk makan malam di restoran cepat saji. Memang saya dan keluarga sudah sepakat untuk menghindari makan di restoran “fast food”; namun dengan alasan memang putraku sedang sulit makan; dengan berat hati saya memutuskan untuk memuaskan hatinya.

Tepat pukul 19.00 kami memasuki restoran cepat saji tersebut. Dengan memesan paket sepotong ayam dan nasi plus segelas Milo kami berdua menyantap habis makanan tersebut.

Yang tak disangka, ternyata di alas nampan terpampang selembar kertas yang bertuliskan kandungan nutrisi dari menu yang tersaji. Saya tergelitik untuk membaca sekilas nutrisi dari apa yang masuk ke dalam perut saya.


Tulisannya begini:

1 Potong ayam: – protein = 24 gram – kalori = 373 Kalori – kolesterol = 39.43 mg – total fat = 14.03 gram – fiber = 1.03 gram – Vit A = 0 iu – Vit C = 0.6 iu

1 Porsi Nasi: – protein = 5 gram – kalori = 212 Kalori – kolesterol = 0 mg – total fat = 0 gram – fiber = 0 gram – Vit A = 0 iu – Vit C = 0 iu

1 gelas Milo: – protein = 3 gram – kalori = 165 Kalori – kolesterol = 0 mg – total fat = 4.8 gram – fiber = 1.30 gram – Vit A = 0 iu – Vit C = 0 iu

Setelah saya hitung2 ternyata makan malam yang saya santap mengkonsumsi total:

  • protein = 32 gram
  • kalori = 750 Kalori
  • kolesterol = 39.43 mg
  • total fat = 18.83 gram
  • fiber = 2.33 gram
  • Vit A = 0 iu
  • Vit C = 0.6 iu

Nah, melihat dari hitung2an di atas ternyata malam ini saya memang sangat kenyang karena mendapat asupan 750 Kalori dan 39.43 gram fat….Padahal dengan berat badan 75kg maksimal saya membutuhkan 1500-2000 Kalori dan 40 gram fat selama 1 hari.

Kemudian saya berhitung2 lagi dengan melihat tabel kalori yang saya miliki untuk berat badan saya yang 77kg dengan durasi aktifitas selama 1 jam. Tabelnya (http://www.wanderworks.com/simply_muscle/calorie_chart.htm) sebagai berikut

  • aerobik = 422 Kkal
  • badminton = 317 Kkal
  • sepeda santai = 281 Kkal
  • mencuci mobil 246 Kkal
  • sepak bola = 493 Kkal
  • jogging = 493 Kkal
  • motocross = 281 Kkal
  • lari 10 km/jam = 563 KKal
  • berenang = 422 Kkal
  • tennis single = 563 Kkal

Dengan hitung2an sederhana, ternyata kalori yang saya habiskan dalam permainan badminton yang saya lakukan (1 jam) setara dengan 42% kalori yang saya konsumsi malam ini? Lha kemana sisa kalori itu?

Dari informasi yang saya miliki ternyata sisa kalori yang tidak dikonsumsi oleh tubuh disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk fat atau lemak yang tersimpan dalam darah atau timbunan lemak di bawah kulit.

Saya semakin ngeri pada saat membaca berbagai hasil riset diantaranya:

  • Penyebab diabetes adalah konsumsi makanan kaya lemak dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Kelebihan konsumsi berkalori tinggi berpotensi tinggi untuk terkena kanker prostat (resikonya 2x lebih tinggi dari pria yang konsumsi makanan berkalori normal.
  • Kadar lemak yang tinggi akan mengganggu kadar triglyceride, kolesterol dan insulin dalam darah

Hal diatas membuat saya semakin yakin untuk mengurangi bahkan menghindari makanan junk food!!!! Untuk meningkatkan kesehatan saya harus memperhatikan asupan makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh akan zat-zat tertentu seperti karbohidrat, protein,serat, vitamin, mineral. Tentu saja harus sesuai dengan energi yang saya keluarkan.

Bagaimana dengan Anda?

2 responses to “Makan Enak: Kalori Kemana?”

  1. rera says :

    yang terpenting adalah merubah gaya hidup dengan hidup sehat, menjaga makanan (artinya tidak hanya asal makan) tetapi juga memperhatikan nilai gizinya. juga olehraga secara teratur.

    • elfri says :

      siap sob…
      memang kalau masih muda kita cenderung mengorbankan “kesehatan” demi “kenikmatan” dan pada saat usia tua malah mengorbankan “kenikmatan” demi “kesehatan”

Leave a Reply

