Jalan-jalan seputaran Bandung…

Bingung karena sejak pagi hujan turun lumayan lebat…eh..ternyata siangnya cerah…Kami sekeluarga membatalkan niat untuk jalan-jalan ke luar kota. Diputuskan untuk jalan-jalan di seputaran Bandung…

Sehubungan saya ada rencana melihat latihan minimoto di Punclut…ya sudah diputuskan untuk jalan-jalan bersama keluarga ke daerah Punclut…karena bawa keluarga, yah naik motornya dibatalkan deh… Buat anda yang belum tahu Punclut itu apa, saya cerita dikit ya…

Punclut adalah sebuah desa di puncak ciumbeuleuit (emang susah nulisnya). Cara menuju kesana juga nggak susah, ada angkot (kendaraan umum) sampe ke terminal ciumbeuleuit. Kalau mau ke puncak tinggal jalan kaki agar sehat atau naik ojek. Kalau jalan atau turun dari arah Jl. Setiabudi tinggal belok ke jalan cihampelas trus ketemu pertigaan ambil jalan lurus ke arah utara. Nah ketemu bundaran ambil ke arah kiri; jangan ke kanan (jl. Kiputih). Trus pas nemu RS Angkatan Laut ambil turun ke kanan…sampe deh….05-pemandangan-punclut1

Jalan ke puncaknya juga nggak jauh2 amat, cuma siapkan saja perbekalan yang cukup karena siapa tahu haus dan lapar…he he he..

Kalau pagi hari terutama di saat akhir pekan, pasar Punclut sangat ramai. Orang menyebutnya pasar kaget…sangat sulit kalau kita bawa kendaraan. Ada sih jalan lain menuju puncak (tidak lewat pasar). Sebelum jalan masuk pertama Anda tinggal lurus sekitar 25 meter..terus belok kanan.

Jalan ke puncak udaranya terasa sangat segar…apalagi kalau kita jalan pas pada saat matahari belum tinggi…Siang ini udara sangat cerah sehingga kita bisa menikmati pemandangan kota Bandung. Kalau kita melihat ke selatan, kita bebas memandang deretan pegunungan yang berjejer kokoh menatap langit. Disana ada gunung Malabar, Patuha dan Waringin.

Namun ada juga kesedihan ketika melihat ke arah timur. Disana berjejer bangunan-bangunan milik orang yang berduit….mulai dari villa, restoran hingga cafe..Padahal daerah ini sudah ditetapkan sebagai daerah penyangga kota Bandung…resapan air…hutan bandung, dll.

Lelah mata memandang…saat di puncak saya dan keluarga melihat deretan bocah-bocah kecil melakukan latihan minimoto dan motocros…satu olah raga yang akan saya kenalkan ke anak-anak. Disamping olah raga lain yang sudah saya kenalkan. Ada 2 circuit yang cukup menantang disana dan sudah menjadi bagian dari legenda Punclut. Karena banyak atlit-atlit motocross Indonesia asal Bandung yang berlatih di circuit ini. Hari ini saya cukup beruntung karena melihat Aep Dadang dan Tim KARTIKA sedang berlatih…terbang tinggi…!!!

09-aepdadang-punclut

Hmm…ternyata buah hatiku tidak begitu menikmati kelincahan anak-anak dalam bermain minimoto. Dalam hati saya berpikir, mungkin nanti pada saatnya mereka akan tertarik…atau malah tidak tertarik sama sekali? Saya berkata dalam hati ”biar hati mereka yang memutuskan, orang tua hanya mengenalkan apa manfaat dan resiko olah raga ini”

07-minimoto-punclut


Tidak sampai 30 menit saya menikmati kepulan asap dan raungan gas motocross, saya menyusul keluarga makan siang di Saung Sangkan Hurip….warung makan lesehan yang tepat di bibir bukit….

Menu yang disajikan boleh dibilang biasa…namun dengan suasana dan kehangatan sang pemilik menjadi luar 03-makan-asyikbiasa….Kita bisa memesan berbagai makanan diantaranya menu utama beras hitam atau beras merah. Istimewanya nasi ini adalah rasanya yang gurih dan kandungan karbohidrat yang rendah . Cocok sekali untuk Anda yang diet atau penderita diabetes.

Untuk lauk…wah banyak lho pilihannya. Sebut saja bermacam-macam jenis pepes. Ada pepes peda, teri, tahu, oncom, ayam, jamur, belut, sampai jengkol. Selera anda pasti terpenuhi. Harga dijamin gak bakal nguras kantong…..Mau dibeli mentahnya juga boleh…

Untuk anda yang punya hobi selain motor cross atau minimoto…ada kok olah raga yang murah seperti bersepeda, jogging atau ATV. Tinggal naik lagi ke puncak (atas) anda akan sampai ke lembang.

Kesimpulannya, untuk Anda yang memang ingin berwisata ke kota Bandung di akhir pekan jangan lupa mampir ke Desa Punclut. Sehat dan murah meriah….

Salam, elfri

2 responses to “Jalan-jalan seputaran Bandung…”

  1. hery suseno says :

    keren….ditunggu cerita lainnya….GBU

    • elfri says :

      Siap mas…tapi kudu turing lagi nih…eit jangan lupa wisata kuliner di Punclut ya…buat yang doyan makan dijamin mantaf deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: