Serayu Rafting – Catatan Perjalanan Bekpeker

Arung jeram adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik dan mental karena adanya tantangan alam. Di sisi lain ada 11-serayu-rest aspek rekreasi karena lokasinya berada di daerah yang masih hijau dan asri. Di Banjarnegara (sungai serayu) – kita dapat menikmati pemandangan dan suasana yang tenang.

Secara emosional, berarung jeram bisa merupakan sarana untuk melepaskan stres. Bila belum pernah melakukannya, perasaan kita akan bercampuk aduk antara takut, tegang, dan penasaran. Setelah merasakan serunya perjalanan mengarungi arus deras sungai, yang terasa adalah sensasi yang menyenangkan.

Saya masih ingat, ketika melintasi jeram, semua personil dalam perahu berteriak keras, seolah-olah terlepas dari semua masalah. Kita semua merasa excited dan stres yang membebani pikiran menjadi hilang. Boleh dibilang, kaum bekpeker merasa ketagihan. Mengapa? Karena seperti olah raga lain, arung jeram baik untuk kesehatan. Berarung jeram dapat meningkatkan kemampuan atau kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang. Manfaatnya, tubuh bisa merasa lebih bugar.

Selain keberanian yang dimiliki, bermain arung jeram juga mendukung kita untuk bermain dengan resiko. Diantara resiko tersebut antara lain lain jatuh, terbentur batu, tersangkut ranting, tertusuk duri, jatuh ke dalam jeram, tergulung pusaran air, sampai hanyut. Meminimasai resiko tersebut adalah dengan memahami bagaimana berarung jeram dengan baik dan aman.

Pilihan tim bekpeker kali ini jatuh ke Sungai Serayu, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sungai yang berada di kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara itu mempunyai karakteristik yag berbeda dengan Cikandang. Cikandang mempunyai karakteristik sangat terpengaruh oleh curah hujan, sehingga kemungkinan terjadinya bandang ketika musim hujan sangat besar. Sedangkan Serayu tidak.

35-serayu-team01Tim terdiri dari 8 personil: Saya, Mas Aji, Samudra (nggak pake Imam), Gati, Indri, Pak Faisal, Deni dan Wulan…karena halangan yang mendadak beberapa member terpaksa tidak bisa bergabung.

Tim berangkat dari titik point 2 desa Singomerto. Jarak dari Krasak ke Singomerto 25 Km (hasil pengukuran dengan peta-data sekunder dari internet mengatakan 18 km) dengan gradien penurunan sebesar + 350 m (Krasak 350 mdpl, Singomerto 700an mdpl). Lebar sungai berkisar 12-25 m. Akses jalan tergolong mudah karena disisi kiri sungai dekat dengan jalan utama yang menghubungkan Wonosobo dengan Banjarnegara. Selama pengarungan terdapat standing wave yang memang seru untuk bekpeker. Sesuai dengan petunjuk yang diberikan perkiraan waktu tempuh adalah 4 jam dengan kondisi saat ini tingkat kesulitan ada pada grade 3-4 (habis hujan 2 hari sebelumnya)

Dalam catatan saya, persiapan yang dilakukan tim bekpeker pada edisi Sungai Serayu ini cukup baik, diantaranya: pakaian; sandal gunung (ada yang bawa sandal baru lho); makan pagi (nasi goreng yang ueenak); brieffing; berdoa; minum (ransum) 08-serayu-sulit02selama perjalanan dan sunblock.

Satu kegiatan yang terlupakan adalah peregangan. Terutama otot bahu, lengan dan kaki. Mungkin karena semangat yang tinggi melihat arus sungai Serayu membuat seluruh anggota tim lupa untuk peregangan…..….Terakhir tim juga tidak membawa perangkat obat2an sebagai antisipasi bila ada rekans yang cedera.

Untuk provider, kali ini Serayu Adventure sangat berpengalaman. Hal ini ditandai dengan berbagai fasilitas yang disediakan, diantaranya:

  • Sarana transportasi menuju start point
  • Perangkat rafting yang lengkap (sampai karet untuk ikat kacamata tersedia lho…)
  • Guides
  • Rescue team
  • Sarapan, snack (kelapa muda dan tempe mendoan)
  • Makan siang
  • Sertifikat

37-serayu-flow01Akhir cerita, tim bekpeker membutuhkan waktu kurang dari 3 jam untuk mencapai finish di Singomerto (base camp). So, masih banyak sungai2 lain menarik untuk diarungi……

Saya ucapkan terima kasih atas kekompakan dan kebersamaan untuk bekpeker di edisi Serayu ini…Ditunggu adventure lainnya…..

Bravo Bekpeker….

2 responses to “Serayu Rafting – Catatan Perjalanan Bekpeker”

  1. brameylianto says :

    salam kenal

    perkenalkan saya brameylianto hari market promotion dari cv.arung jeram serayu dlm foto ini saya dulu guidenya, mohon maaf saya mau menawarkan paket arung jeram di serayu.
    Bosan tempat wisata yang biasa-biasa saja atau kurang menantang? Mari rasakan sensasi wisata arung jeram di sungai serayu banjarnegara bersama kami Arung jeram serayu untuk informasi silahkan kunjungi website kami di
    http://arungjeramserayu.com/site

    pin:3135D400
    phone +6285247097777
    telp/fax : (0286) 5833313
    email : info@arungjeramserayu.com

    untuk mendapatkan harga paket arung jeram di sungai serayu silahkan invite pin bb saya atau bisa tinggalkan alamat email di inbook email kami, biar langsung kami kirimkan penawaranya via email.mohon maaf menganggu waktunya.
    jabat erat “dan semoga sungai mempertemukan kita”

    • elfri says :

      Siip..thanks mas.
      Memang berkesan waktu itu…pas lagi dengan cuaca yang masih dalam suasana musim hujan (awal tahun)
      Petualangan yang menyenangkan. Sampe2 rekans saya dalam waktu 2 minggu balik kesana lagi lho….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: