Makanan Pembangunan Massa Otot

Untuk anda yang ingin agar badan berisi (baca: berotot) selain rajin berolahraga di gym atau pusat kebugaran tentu harus didukung oleh makan yang benar. Makanan sebagai sumber nutrisi diantaranya adalah yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.

Aturan dasar dalam membangun otot adalah “makan, makan dan makan….”

Otot yang berkembang membutuhkan asupan karbohidrat dan protein dalam jumlah besar (sebagai “makanan otot’). Agar lebih jelasnya mari kita bicarakan satu-persatu.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber makanan yang sangat mudah ditemui. Tubuh menggunakan karbohidrat untuk energi dan mensuply otot dalam bentuk glikoden. Karbohidrat yang berkualitas akan memberikan energi yang tinggi serta sangat penting untuk membangun otot setelah berlatih.

Karbohidrat kompleks sangat baik karena sifatnya yang slow release (dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan energi yang dikeluarkan). Namun karbohidrat simple juga dibutuhkan terutama pada saat latihan untuk menambah lebih banyak energi.

Contoh karbohidrat kompleks : roti tawar (gandum), nasi merah, oatmeal, pasta, sereal, kentang.
Contoh karbohidrat simple : buah (apel, jeruk, anggur, mangga), madu, minuman energi

Protein
Protein dikenal sebagai struktur pembentuk otot. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua makanan mengandung protein atau dengan kata lain takarannya berbeda-beda. Untuk vegetarian perlu trik khusus agar dapat asupan protein yang seimbang. Tanpa protein yang cukup dapat dipastikan hasil latihan tidak akan optimal, malah latihan yang dilakukan berpeluang untuk merusak otot.

Makanan ber-protein tinggi diantaranya : dada ayam, ikan tuna, putih telur, keju, yoghurt, protein shakes (biasanya dijual di toko2 obat terkemuka)

Lemak
Lemak tidak selamanya jahat. Kita harus mengkonsumsi lemak yang baik karena lemak membantu proses produksi testosteron dan fungsi-fungsi biologis di dalam tubuh kita. Lemak yang mengandung Omega-3 sangat dibutuhkan. Dapat ditemukan pada minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak ikan.

Air
Fungsi air (water) tidak dapat digantikan oleh minuman bersoda (cola) atau alkohol. Yang pasti air sangat dibutuhkan untuk mengganti cairan yang pada saat latihan keluar sebagai keringat dan air juga berfungsi juga sebagai katalisator dan stabilisator tubuh.

*) dikutip dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

5 responses to “Makanan Pembangunan Massa Otot”

  1. Hermiadi/eher says :

    Tipsnya sangat mantap!

  2. Udin says :

    Mksh bwget tips nya ok bgt

  3. Arifz says :

    Thanks ya tipsnya! Utk makanan sehari brp kli? latihnya kira2 brp hri dan brp jam?

    • elfri says :

      Tips makan 5 kali sehari dalam porsi yang kecil agar metabolisme tubuh tetap optimal. untuk latihan paling minim 3x seminggu (selang-seling dengan istirahat) – paling lama latihan ya 90menit lah….Usahakan setiap latihan kombinasi antara otot besar dan otot kecil. Misal dalam 1 minggu, Latihan 1: dada dan triceps. Latihan 2: Back dan biceps Latihan 3: Kaki dan bahu. Oh iya latihan otot perut setiap latihan harus ada ya….salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: