SEKILAS TEKNOLOGI METRO ETHERNET

Bisnis saat ini tidak hanya bergantung pada terhubungnya jaringan internet ke dunia maya, tetapi lebih kepada bagaimana internet bisa memberikan nilai kompetitif bagi perusahaan. Waktu adalah uang. Inilah yang harus dipahami oleh pelaku jasa telekomunikasi.

Jaringan Metro Ethernet, secara harfiah berarti jaringan komunikasi data yang berskala metro (skala untuk menjangkau satu kota besar seperti Jakarta) dengan menggunakan teknologi Ethernet sebagai protokol transportasi datanya. Begitu pula arti sebenarnya, teknologi Metro Ethernet merupakan salah satu perkembangan dari teknologi Ethernet yang dapat menempuh jarak yang luas berskala perkotaan dengan dilengkapi berbagai fitur yang seperti terdapat pada jaringan Ethernet umumnya. Sehingga jaringan yang berskala metro dapat dibentuk dengan menggunakan teknologi Ethernet biasa.

Metro ethernet merupakan salah satu solusi teknologi untuk High End Market (HEM) dalam memberikan solusi terintegrasi untuk layanan voice, data dan video. Metro ethernet network memiliki karakteristik antara lain :

  • Teknologi IP optik berbasis Synchronous Digital Hierarchy atau Ethernet.
  • Dapat mengakomodasi layanan berupa voice, data, high speed internet access dan video
  • Kecepatan tinggi hingga Gigabit Ethernet/1000Mbps

Untuk menunjang kebutuhan akan Next Generation Network, teknologi Metro Ethernet menawarkan banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh tidak hanya oleh pihak penyedia jasa, namun juga oleh para penggunanya, diantaranya:

Kemudahan, hampir semua perangkat komunikasi data, khususnya untuk keperluan LAN dan juga WAN yang sederhana pasti menggunakan interface Ethernet. Selain itu kegiatan Operation, Administration, Maintenance, dan Provisioning (OAM&P) dari teknologi ini juga sudah tidak asing lagi bagi para penyedia jasanya, seperti halnya melakukan OAM&P pada jaringan lokal saja.

Nilai ekonomis yang tinggi,

  • Karena penggunaannya yang sangat luas, bahkan hampir semua perangkat jaringan menggunakan interface ini, maka harga perangkat berbasis teknologi ini sangat bersaing di pasaran.
  • Tidak memerlukan investasi perangkat modem/mux (dapat langsung dihubungkan dengan kabel UTP /Ethernet – RJ45). Selain itu juga tidak perlu router yang canggih tetapi cukup switch yang punya fitur berkelas metro ethernet. Selain itu tidak perlu modem dan konverter.
  • Fleksibel, dalam hal variasi layanan dan upgrade/downgrade terhadap servis yang diinginkan hampir tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan.

Manageable bandwidth, kebutuhan badwidth dapat diberikan sesuai kebutuhan pelanggan.

Kehandalan yg terjamin, menggunakan sistem proteksi baik yg berbasis SDH maupun Ethernet.

Secara teknologi, Metro Ethernet dapat dimanfaatkan untuk beragam layanan sbb:

  • Ethernet Internet Services
  • Ethernet Transparent LANs Services (LAN-to-LAN)
  • TDM Services (E1)
  • Metro Ethernet Private Line Services (VPN)
  • Customized Ethernet Private Network

================== EJ =================

3 responses to “SEKILAS TEKNOLOGI METRO ETHERNET”

  1. Desi Sinta says :

    ini tugasku bu!

  2. lillik sliwidari says :

    yuuu huuuu!!!!!

  3. stefanus enggar says :

    thanks for share, kecepatan nya kalo ga salah mencapai 10G untuk trunking ke sesama metro E kalo untuk turun ke router,imux,switch,dsb baru 1Gb cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: