Tips Membeli Camcorder Digital

Camcorder DigitalSetiap moment dalam kehidupan sangat berharga. Karena alasan tersebut pula, Anda membutuhkan alat perekam untuk mengabadikannya. Tapi jangan terjebak dengan banyaknya merek dan perangkat kamera yang saat ini beredar. Salah-salah Anda menyesalinya, karena kualitas yang dihasilkan tidak seperti yang ada inginkan dan ketinggalan zaman. Selain harga yang menjadi pertimbangan, Anda juga perlu tahu spesifikasi lain yang harus dimiliki sebuah alat perekam yang handal. Berikut ini adalah tip-tip sebelum Anda membeli camcorder digital.

Lensa Kamera
Setiap kamera dalam menangkap objek gambar memerlukan sebuah lensa. Karenanya, lensa tergolong komponen yang berharga mahal dari sebuah perangkat kamera video digital. Untuk sebuah kamera video, optik lensa memiliki faktor utama untuk menghadirkan kualitas rekaman video. Lensa yang saat ini beredar ada dua macam. Yang pertama lensa zoom permanen yang kebanyakan dimiliki oleh Camcorder DigitalVideo (DV). Sedangkan yang kedua yaitu lensa berkualitas tinggi seperti yang digunakan untuk fotografi maupun perangkat video profesional. Contohnya, Camcoder DV Canon XL1 yang menggunakan lensa fotografi EOS 35 mm. Namun yang perlu menjadi catatan, Anda sebaiknya menghindari penggunaan zoom digital secara berlebihan agar diperoleh hasil yang maksimal.

Stabilisator Image
Fitur ini dinilai sangat penting, baik bagi pemula maupun profesional yang suka mengabadikan gambar dalam posisi bergerak. Karena kamera yang telah dilengkapi optical stabilization, yang menggunakan sistem detektor gerakan lensa ini, berfungsi untuk meredam setiap efek getaran dari setiap image bergerak sehingga mampu terekam dengan lebih stabil. Jadi Anda perlu mempertimbangkan keberadaaan alat ini dalam kamera Anda. Ada juga Camcoder yang dilengkapi dengan Electronic Image Stabilition.

CCD (Charge Coupled Devices)
CCD adalah jenis chip komputer berfungsi sebagai penangkap objek gambar yang kemudian dikonversi ke dalam sinyal elektrik. Kemampuan CCD ditentukan oleh ukuran dari setiap chip CCD yang diukur berdasarkan elemen pixel. Semakin besar pixelnya semakin baik kualitas gambar yang diserap. Selain Camcoder yang dilengkapi dengan single CCD ada juga yang dilengkapi dengan 3-CCD. Di mana setiap CCD difungsikan sebagai penangkap warna-warna primer. 3-CCD tentu lebih baik dari single-CCD, karena sangat responsif terhadap pencahayaan rendah pada saat pengambilan gambar di ruang gelap.

Progressive Scan
Sampai saat ini masih jarang jenis kamera video digital yang dilengkapi dengan fitur mode Progressive Scan (telusur progresif). Padahal fitur jenis ini sangat spesial. Dimana setiap rekaman video tidak akan terjadi celah antara garis ganjil dan genap pada setiap framenya. Hasilnya image gambar yang tak terputus pada proses scanning-nya. Dan ini sangat penting bagi Anda yang ingin mengambil gambar video untuk dipakai sebagai foto image dengan gambar yang berkualitas tinggi.

Masukan Video Analog
Untuk jenis Camcoder model lama, tidak ditemukan keluaran video model IEEE 1394 untuk DV. Maka jenis kamera DV sangat memerlukan sebuah masukan video untuk format analog agar kompatibilitas dari perangkat lama Anda masih tetap dapat dinikmati. Biasanya DV juga menyediakan konektor masukan /keluaran jenis S-Video.

Rekaman Audio
Proses rekaman audio dari setiap kamera video digital minimal telah mengadopsi PCM Stereo dengan kemampuan sampling rate 32 KHz/12 bit untuk empat kanal, atau 48 KHz/16 bit pada dua kanal.

Fitur Kamera
Kualitas suatu kamera tentu bisa dilihat dari fitur yang dimilikinya. Makin lengkap tentu akan semakin bagus. Tapi tentu terlepas bagaimana Anda mengoptimalkan kemampuan kamera tersebut. Adapun fitur tombol yang dapat mempengaruhi setiap hasil pengambilan gambar seperti; Zoom Control, Focus, White Balance Exposure, dan Shutter Speed.

Economic Design
Tidak dipungkiri, penampilan tentu masih menjadi hal utama yang patut dipertimbangkan. Selain desainnya harus menarik, kriteria lainnya tentu harus nyaman dipakai. Terutama dalam penempatan tombol-tombol dari kamera harus dicoba nilai kenyamanannya sehingga tidak menyulitkan dalam penggunaannya.
Bila Anda memperhatikan hal tersebut, bisa dipastikan Anda mendapatkan kamera yang selama ini Anda idam-idamkan dengan keunggulan seperti harapan Anda. Tapi perlu diingat, semakin canggih kerja kamera tersebut dengan fitur-fitur yang lengkap, tentu harganya akan semakin mahal.

2 responses to “Tips Membeli Camcorder Digital”

  1. malik says :

    tax bgt udah ngasih info ttg camcodernya,setelah baca ini. akhirnya aq ngak ragu lagi u/ beli brg yang berkualitas.txsss b4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: