10 Cara untuk meningkatkan massa otot

latihan bebanSaat ini banyak cara untuk meningkatkan massa otot, namun hanya 10 yang penting. Dengan kata lain program ini bisa menjamin suksesnya program Anda dalam membangun otot yang optimal.

1. Latihan Beban
Latihan beban biasanya menggunakan alat dengan tingkat variasi yang berbeda. Kekuatan dan daya tahan otot dapat dibentuk melalui mekanisme “free weights” seperti menggunakan barbell atau dumbbell, mesin fitness baik dengan menggunakan kabel dan katrol untuk membantu mengangkat beban.

Untuk membesarkan otot, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah dengan melatih otot dengan beban yang “berat”. Berat disini adalah jumlah beban yang menantang (mampu diangkat). Atau dengan kata lain maksimum bisa melakukan pengulangan atau repetisi 4-8 kali. Untuk peningkatan massa otot, mengangkat beban yang ringan (jika kita mampu mengangkat 10-15 repetisi) tidak dianjurkan. Dengan beban berat dan repetisi yang rendah akan membuat tekanan lebih pada otot dan memberikan stimulasi lebih ke serabut otot (muscle fibers); serabut otot berkembang akan menyebabkan pertumbuhan massa otot.

2. Makan makanan berkalori lebih banyak
Peningkatan massa otot secara tidak langsung akan meningkatkan berat badan. Dengan demikian, Anda harus merubah pola makan. Jika Anda tidak makan cukup kalori, berat badan anda tidak akan pernah bertambah, apapun yang anda lakukan. Untuk membangun otot, anda harus memakan kalori lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh (surplus kalori). Kalori ekstra dibutuhkan untuk memperbaiki serat otot yang rusak akibat latihan dan membangun serat baru.

Makan, tentu saja tidak berarti makan apa saja. Semua kalori tidak sama untuk tiap makanan. Misal jika kita membutuhkan 2000 kalori perhari untuk meningkatkan massa otot, bukan berarti kita makan 4 kantong keripik kentang…..Tidak seperti itu. Nutrisi yang tepat sangat penting untuk membangun otot.

3. Makan protein lebih banyak
Tanpa protein, tubuh kita tidak akan bisa membangun otot. Karbohidrat digunakan sebagai energi untuk tubuh, sedangkan protein menyediakan asam amino yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki serat otot. Untuk pertumbuhan otot, karbohidrat tidak sepenting protein dan lemak. Latihan yang intensif membutuhkan asam amino yang lebih tinggi. Untuk membangun otot, paling tidak kita harus mengkonsumsi 2gram protein per-kilogram berat badan.

4. Makan lebih sering
Untuk meningkatkan berat badan, kita harus makan sejumlah kalori. Makan sering dengan jumlah yang cukup lebih baik dari pada makan sedikit tapi berjumlah besar. Makan jumlah besar berdampak pada penumpukan lemak di tubuh.
Teknik yang baik digunakan adalah mengurangi ukuran makan dan meningkatkan frekuensi makan. Membagi kalori dalam jumlah yang sedikit melalui porsi yang sedikit akan mengakibatkan penyerapan makanan dan pemanfaatan nutrien menjadi lebih optimal.

5. Makan lebih banyak lemak
Untuk mendukung pertumbuhan massa otot, lemak yang dimakan harus kategori rendah lemak (low fat). Banyak orang berpikir makan lemak akan membuat tubuh kita berlemak. Pandangan tersebut adalah salah….

Lemak yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Yang harus ditingkatkan adalah lemak tak jenuh atau Essential Fatty Acids (EFAs). EFA akan membantu peningkatan produksi testosterone, mencegah otot rusak, membantu meningkatkan level HDL (kolesterol baik) dan membantu produksi hormon lainnya.

6. Minum air lebih banyak.
Agar otot tidak dehidrasi, kita harus banyak minum air. Jika kita latihan terlalu keras potensi dehidrasi sangat mungkin terjadi. Jika terjadi dehidrasi maka otot membutuhkan waktu lebih lama untuk perbaikan.

Dengan minum air yang cukup, tidak hanya peredaran darah yang lancar tetapi juga membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Protein menciptakan proses metabolisme dan membuangnya dalam bentuk cairan. Tanpa air yang cukup, ginjal juga tidak mampu bekerja efisien mengeluarkan air tersebut.

7. Mengkonsumsi Multi-Vitamin
Vitamin bukanlah hal yang utama. Vitamin adalah suplemen. Sebaiknya konsumsi vitamin yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh.
Banyak pabrikan yang menambahkan segala unsur dalam merk vitaminnya. Hal ini tidak penting karena multivitamin yang dibutuhkan (minimum) hanya vitamin A, B-kompleks, C, D, E, K dan mineral (kalsium, magnesium, zinc, iodine, selenium, dan besi). Kaum pria sebaiknya menghindari vitamin yang mengandung besi (iron). Besi dibutuhkan untuk wanita yang sedang masa menstruasi.

8. Mengkonsumsi Antioxidants
Antioksidan seperti vitamin A, C, E, Glutathione, Glutamine dan Selenium adalah penting untuk menjaga tubuh kita dari radikal bebas.

9. Istirahat lebih banyak.
Jika kita tidak istirahat maka otot kita tidak akan tumbuh….Mudah kan…
Otot tumbuh bukan di tempat fitness melainkan sewaktu kita tidur (istirahat)

10. Lakukan dengan Konsisten
OK, jika kita ingin mengetahui kunci untuk peningkatan massa otot dengan cepat??? Jawabannya adalah KONSISTEN

Anda bisa melakukan diet, latihan beban dengan instruktur yang berpengalaman, jadwal yang lengkap, alat yang canggih tapi jika tidak konsisten…semua tidak ada artinya….

About these ads

100 responses to “10 Cara untuk meningkatkan massa otot”

  1. A. Murat KAHRAMAN says :

    what about alkaline water?

  2. elfri says :

    Alkaline water pada umumnya hanya bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat beraktifitas. Penambahan masa otot terjadi pada waktu kita istirahat, bukan pada saat latihan. Salam.

  3. A Haji says :

    Trims infonya. Info yg useful…

  4. Hermiadi/eher says :

    Wah tips ototnya bagus banget!

  5. Reynaldo says :

    thx info nya..^^

  6. Firman says :

    pantes aja dari dulu aku makan banyak ga gemuk2. ternyata aku butuh perbesaran otot

  7. mirza says :

    gile bner

  8. mirza says :

    kasi tw donk cara besarin otot dada gw

  9. davidjuly says :

    Tipsnya bagus. Tp bila hnya mngutamakn nutrisi dn tidak diimbangi dg latihan yg trstruktur, mka akn sma aja

    Bener mas…tips latihan juga sudah saya tulis….

  10. David Ricardo says :

    bagus juga tips nya. tapi saya mau seperti anda dong. yang otot nya gede .

    • elfri says :

      thanks sob…saya nggak mau juga ototnya besar2 seperti binaraga..cukup aja lah..yang penting gak malu2in kalau berenang..he he he

  11. santo says :

    Mantap dehh…tips membesarkan Otot nya!!!!

  12. giolanizakaria says :

    seharusnya dikasih contoh yang alami kalo kalori u apacontohnya dst

  13. Gusty Liwa says :

    Apa ada cara latihan ringan dan mudah untuk pemula…??? sebelumnya terima kasih atas infonya.

    • elfri says :

      Wah..maksudnya ringan itu apa ya? beban yang ringan atau gerakan yang mudah?
      Gerakan sih tetap sama, cuma repetisi atau beban aja yang dikurangi.

  14. Jonathan says :

    Boleh tahu makanan alami yg tinggi karbohidrat dan lemak apa saja ya?

    Kalau bisa sih kadar semua makanan aja (tabel kalori dan protein)

    Terima kasih.

  15. aries says :

    ok jga tipsnya

  16. arbini says :

    Gedein “otot buyung” bisa pake nutrisi juga apa harus dng latihan bro? Btw latihannya “sendiri” atau “berpasangan” :D mohon bagi tipsnya yah bro….

    • elfri says :

      Bro…si “buyung” itu nggak ada ototnya…isinya hanya pembuluh darah saja.
      Secara medis sih nggak bisa dibuat lebih “besar”. Kalaupun mau “kuat” ya kita harus sehat, aliran darah mesti lancar. Olah raga teratur dan satu lagi latihan kegel (nahan pipis selama 30 detik)

      Semoga membantu

  17. Andre says :

    Sy 28th 168cm/45kg he he 5th lalu pernah fitness kuat sampe 165cm/55kg, skrg pengen lg klo intensif kr2 brp lm bs ideal? Agak ngebet nech ;)

    • elfri says :

      intensif atau tidak tergantung niat Anda mas Andre…latihan yang terstruktur, teratur dan mengatur pola makan berdasarkan pengalaman saya bisa membuat anda bisa menjadi lebih kuat. Pastinya tidak otomatis langsung dampaknya terasa. Ketekunan dan kesabaran adalah kunci utamanya. Selamat berlatih bro….

  18. faizal says :

    gw udah coba, pi bukannya dada gw yang besar malah perut gw tambah buncit……, tuh klu udah gini siapa yang tanggung jawab…, sialan…..

    • elfri says :

      Wah…kok bisa gitu ya?
      Begini mas Faisal, coba Anda lebih teliti dengan membuat daftar latihan serta asupan makanan yang anda konsumsi. Dengan bantuan daftar tersebut maka otomatis akan membuat program latihan kita menjadi terstruktur. Oh ya..timbunan lemak di perut tidak otomatis bisa dibakar dengan program latihan beban saja. Usahakan sebelum anda latihan beban melakukan kegiatan Cardio (lari, stepping atau cycling) di gym. Atau lakukan selang seling diantara jadwal latihan beban Anda. Kebiasaan makan lemak jenuh (goreng2an); makan terlalu malam dan kurang minum air putih (banyak minum air gula) juga sedapat mungkin dihindari. Semoga Anda tetap semangat ya…Salam hangat.

  19. Rahmat says :

    Gimana ya mas ngatur jatwal latihannya.
    Thanks ya mas.

    • elfri says :

      Saran saya buat bro Rahmat :
      Senin : Back (punggung) + Bisep
      Selasa : Chest (dada) + Trisep
      Rabu : Off
      Kamis : Aerobik + Obligue (perut)
      Jum’at : Shoulder (punggung) + Legs (kaki)
      Sabtu : Aerobik + Sirkuit Training (semua otot tapi dengan variasi)
      Minggu : Off

  20. jhie says :

    aq suka infonya,
    kalau boleh tolong berikan jenis-jienis makanan apa saja yang mengandung kalori dan protein khususnya untuk membesarkan otot..
    thanks..

    • elfri says :

      Thanks ya…
      Umumnya makanan yang banyak mengandung protein seperti daging ayam, daging sapi, ikan, telur dan kacang2an mas…mudah kan?

  21. trias says :

    apakah dengan senam lantai dan nutrisi yang cukup serta latihan teratur dapat membentuk otot, tanpa harus pergi ke fitness?

    • elfri says :

      Sepertinya belum cukup mas…otot dibangun dengan latihan/ workout yang teratur dan bertahap (penambahan berat beban dan repetisi). Sedangkan senam lantai tidak memfasilitasi itu…gerakannya terbatas. Oh ya bisa saja sih latihan di rumah…tapi kan alatnya nggak sebanyak di tempat fitness?? Salam hangat

  22. hendra says :

    bos,, nyuplik posting ny yak. . :P

  23. iman says :

    duh,, gw sakit perut lo trus makan truss,,

    • elfri says :

      maksudnya gimana nih? mungkin aja sistem pencernaan sampeyan bermasalah? periksa ke dokter lebih disarankan. Salam hangat…

  24. joko says :

    berapa kebutuhan protein kita setiap hari ?

    • elfri says :

      Bro Joko. untuk kebutuhan protein secara umum sih 40-70 gram protein perhari (tergantung usia, jenis kelamin dan situasi)
      Kalau mau ikut rumus bisa juga. Protein gm = berat badan (kg) x (0.8 – 1.8)gm/kg
      Angka 0.8 diambil kalau kondisi tubuh kita sehat…
      Angka 1-1.8 diambil jika dalam kondisi stress, baru sembuh dari sakit atau sedang hamil.

      Contoh : berat badan 70kg dan saat ini sedang mengikuti kegiatan fitness maka keb protein = 70 x 1.5 = 105 gm protein perhari.
      Semoga bermanfaat

  25. sam says :

    jadi kalau tidur hanya 6 jam setiap harinya itu memperlambat pertumbuhan otot??
    tapi saya setiap harinya tidur hanya 6 jam, kenapa otot saya bisa cepat bertambah,? dan saya juga kurang mengkomsumsi namanya protein, makan hanya siang, dan malam hari,, kenapa bisa??

    • elfri says :

      Wah, syukur deh kalau begitu. Berarti metabolisme tubuh anda sudah sangat baik.
      Dalam menu sehari2 yang sederhana banyak lho proteinnya (tahu, tempe, ikan dan telur) – Oh ya bertambahnya massa otot harus dibedakan dengan massa lemak ya…

  26. imanda tori says :

    aku orang yang sangat kurus aku ga tau caranya membesarkan otot-otot ku,tolong dong bagai mana cara nya

  27. RADEN says :

    makanan yg banyak kalorinya contohnya apa ya?,kok aku klw makan sampai 2 piring skali makan gak gemuk2(mksdnya badannya gak tambah besar tapi malah tambah tinggi) tuh,kok bisa yah??…….,klw gitu latihannya gimana yah,di tempat fitness-kanbanyak alat,yg lbih bgus dipke yg mana yah..???……._-=Salam+Hangat=-_

    • elfri says :

      Wah…harus dicek dulu apa yang dimakan..? 2 piring belum tentu baik buat otot…kenyang aja yang dapat.
      Tinggi sih kadang juga ditentukan oleh genetika seseorang.
      Untuk penggunaan alat fitness bisa tanya saja ke instrukturnya mas….agak sulit saya menjelaskannya disini.
      Thanks ya…

  28. dealer pulsa says :

    demi otot banyak juga yaaa kebutuhan nutrisinya

  29. Ardi says :

    OK, ntar gw coba

  30. efendi rahmat says :

    ok.. sipp, thank infonya. akan saya coba…!

  31. Adi nu says :

    Mas, bs minta instruktur ny gak y, bdan ku ini kaya’ papan triplek, he
    sdah sminggu ini mulai angkat2 an beban,
    tp knp y agak pgel, pdahal cm 1 jam an ltihan. . .

  32. Adi nu says :

    Klu it saya setuju,
    oiy, bleh mnta nomer hp gak, biar enk konsul. . .
    Sms ke no ku ,
    081532893367

  33. sasasa says :

    badan ku kurus….apa yang akan dilakukan segera…tapi makan banyak…apa ada memang pengaruk dari gen orang tua ya bang?
    salam kenal..

    • elfri says :

      Mau sehat yang tidak dengan makan banyak saja….tubuh perlu diolah dan dilatih secara kontinyu.
      Latihannya ya banyak tergantung kondisi kita masing2…..

  34. Some says :

    Mas,Nih badan w kecil w ud bli barbel yg 7KG punya tp cmn keangkat 10x berpengaruh nda tuh sama otot w….?

    • elfri says :

      Wah, intinya melakukan latihan otot ya tidak dengan 1 macam beban aja.
      Sebaiknya sih anda latihan di gym. Disana banyak variasi berat pada barbellnya.

      Upayakan dimulai dari beban yang ringan dan repetisi yang cukup (mis: 10x). Kemudian tambah beban 20% dan juga melakukan pengurangan repetisi 10%.
      Kalau langsung dengan beban yang berat (melebihi kekuatan ototnya), itu bisa berpotensi ototnya fatigue atau rusak mas….

  35. Teguh Samudera says :

    bro,,boleh kasih infonya gak…..
    gw nih badannya kurus tinggi saya kurang lebih 172cm berat saya sieh hanya 56kg……

    kyk mna sih saya bisa nambahin massa otot…
    pdhal udh usaha keras nih….

    ksih infonya yah

    • elfri says :

      Wah…harus tau dulu tuh usaha kerasnya apa?
      Idealnya sih berat badan mas Teguh di sekitar 68-70kg…

  36. kilua says :

    hy gan…..

    bepengaruh kagak latihan massa otot dengan hidung…karna hidung gw nih tidak mancung……

    kasih infonya yah gan…
    thankzzz-

    • elfri says :

      Wah…kayaknya nggak ada deh…
      Hidung itu kan bukan bagian dari jaringan otot…hanya tulang rawan.
      Mancung atau pesek itu karunia Tuhan….terima aja mas….(gen-nya udah begitu)

      Bisa aja sih dibikin mancung dengan operasi plastik, tapi resiko tanggung juragan…. he he he…
      Salam kenal ya….

  37. ditho says :

    waaaww bagus bgt tips nya om
    itu buat bikin badan menjadi indah syarat usia nya berapa ya om ?

    • elfri says :

      Wah..nggak ada syarat usia Mas Ditho….
      Yang penting modal semangat, disiplin latihan, cukup asupan makanan dan istirahat…..and the last….keep positive..!!

  38. bayu says :

    terima kasih gan buat infonya.. sangat membantu sekali.. salam kenal dan sukses selalu..

  39. erika herb says :

    Menambah & memperkuat pengetahuanku. Thanx ya mas.

    Saya punya rekomendasi nutrisi sehat yg sudah diteliti & dikembangkan oleh Dr. David Heber dan Dr. Louis J. Ignaro Phd (peraih NOBEL AWARD 1998)

    Info > lanjut hub. 081903731862

  40. ngentot says :

    kalo mau bener2 besarin otot, untuk para pria di himbau agar tidak onani dan melakukan hubungan suami istri , karena protein kita akan habis , dan tenaga kita akan habis , akhirnya otot kita semakin mengecil, jika mau ngentot, pergi aja ke hotel. ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah ah..

  41. ahmed fikry says :

    bagai mana cara membentuk oto kaki

    • elfri says :

      Ya dengan latihan mas….
      Otot besar seputar kaki adalah Quadriceps (paha depan), Hamstring (paha belakang) dan Gastrocnemius (betis)
      Latihan yang cukup ampuh antara lain : Squat, dumbell lunge, legpress, leg-curl dan calf-raise.

      Salam sehat.

  42. Ikhwan says :

    maaf mas..
    apakah betul untuk memenuhi protein kita harus mengkonsumsi telor dalam jumlah banyak namun yang di konsumsi hanya putihnya sja sdanggakan kuningnya tidak ?….

    • elfri says :

      Wah..menurut saya sih nggak perlu2 amat makan telur dalam jumlah banyak. Bagaimana dengan orang yang alergi telur? Masih banyak kok sumber protein lain yang cukup tinggi.
      Beberapa diantaranya yang memiliki kandungan protein tinggi adalah ikan, susu, kacang-kacangan. Namun sekali lagi semua tergantung metabolisme tubuh kita. Dan dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Jika berlebih bisa berpotensi osteoporosis.

      Kenapa lebih disarankan mengkonsumsi putih telur dibandingkan kuning telur adalah karena putih telur terdiri dari air (87%), protein (12%), dan lemak (0,3%). Sedangkan kuning telur memiliki komponen protein lebih tinggi (17%) namun juga memiliki lemak yang jauh lebih besar (32,2%). Hal ini menyebabkan putih telur lebih direkomendasikan sebagai sumber protein untuk Anda konsumsi2.
      Salam Hangat

  43. Galih The Duke Of Merovingian says :

    bro, bagaimana cara membentuk otot sayap (istilah yg prnh z dengar2 siyh)??
    otot yang di pinggirbadan bagian atas dekat lengan…
    thx sblmx// :) :)

    • elfri says :

      Otot sayap atau dikenal dengan istilah “back” bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan menggunakan barbel/dumbell, mesin atau beban tubuh kita.
      Bahasa medis otot tersebut adalah Latissimus Dorsi,
      Beberapa gerakan yang bisa dilakukan:
      a. Tanpa beban (hanya berat tubuh) seperti : pull-up, back-raise, chin-up. Latihan ini sangat mudah dilakukan dimana saja.
      b. Dengan beban (dumbell/barbell) seperti : bent-over row, dead-lift, one-arm row, reverse fly, t-bar bent-over row, barbell side-bend
      c. Menggunakan mesin seperti : closed-grip pull-down, cable seated row, lat pull-down.
      Semoga membantu…

  44. ferry says :

    mas org kurus bisa g jd binaraga.

  45. afriman says :

    napa sih,tubuh setahun gak berotot.aku latihan tan pa henti

    • elfri says :

      Latihan tanpa henti juga nggak baik mas. Saran saya
      1) Lakukan latihan secara bertahap, seperti porsi latihan (kelompok otot), penambahan beban dan repetisi
      2) Istirahat yang cukup
      3) Konsentrasi pada setiap gerakan
      4) Perbaiki pola makan dan asupan nutrisi
      5) Konsisten – upayakan pada fase2 awal menggunakan pelatih.
      Insya Allah ada perubahan.

  46. Ikhwan says :

    Terimakasih bgt mas atas penjelasannya yg terdahulu, namun sy mau tanya satu hal lgi tentang suplemen, saat ini sy rutin mengkonsumsi diantaranya susu MUSCLE JUICE 3X/hari,ditambah tablet AMINO 4 tablet/hari namun sy tdk merasakan dampak yg oftimal..kesannya biasa-biasa sja.

    kira-kira bisa kasih petunjuk ga suplemen apa sja atau merek apa yg layak untuk di konsumsi sehingga dapat merasakan efek yg maksimal ?

    atau apakah bisa otot berkembang tanpa suplemen-suplemen tambahan seperti yg tersebut di atas ?…

  47. erick says :

    Aslm.
    saya mau tnya badan saya kurus
    apakaH dgn latihaN
    sit up: 30x shari
    push up : 20x shari
    angkat barbell:
    5 kilo 30x
    20 kilo 10x shari
    apkH bisa mnambaH masa otot cukup baik. jika tdak baik tolong brikan cntoh2 ltihan y’

    • elfri says :

      Wa alaikum salam Mas Arif
      Untuk menambah massa otot tidak hanya dengan sit up, push up dan barbell.
      Harus ada kombinasi yang baik antara asupan protein, latihan (semua bagian otot) dan istirahat.

      Dalam porsi latihan juga dibuat pemetaannya…ada progress (penambahan)
      Saya akan buat tulisan2 lainnya ya…

      Salam

  48. KelMad says :

    thanks buat semua hasil forumnya, sangat menginspirasi.
    buat admin, bisa dicantumkan nomor telepon/hp yang bisa dihubungi? biar saya lebih mudah dalam berkonsultasi dan ngobrol-ngobrol
    tolong dibalas…

  49. mastergokil says :

    mas atau om elfri… saya masih kelas 1 SMA … saya maw tanya nih kenapa setiap saya sit-up diatas 50 x setelah tidur perut saya ngilu ,, tolong beri tau om atau mas elfri :)
    satu lagi nih mas elfri.. setiap pagi kalo push-up 20x sehat gak? kurang atau kelebihan om?
    terus saya maw nanya kan kata guru saya kalo misalkan fitnes pada seumuran saya katanya malah memperlambat ketinggian.. saya bingung nih mas elfri :( maw fitnes takut ga tinggi ga fitnes ototnya lemot
    thanks mas elfri :D bales ya

    • elfri says :

      Wah..langsung 50 kali ?? Sit-up dengan posisi tidur atau kaki setengah ditekuk tidak akan langsung membuat perut kecil mas..
      Gaya situp seperti itu membuat otot pinggul (hip flexor) lebih keras bekerja dibandingkan dengan otot perut. So yang membuat ngilu sebenarnya bukan otot perut, melainkan otot pinggul.

      Push up, tujuannya adalah untuk membentuk otot trisep dan bahu belakang.
      Kalau sudah terbiasa olahraga 20x dalam setiap pagi sih kurang mas…lakukan 3x 20reps dengan variasi yang berbeda-beda. 1) Tangan selebar bahu 2) Tangan menyatu 3) Tangan lebih lebar dari bahu. Atau dengan kombinasi kaki yang sejajar dengan tubuh (bertumpu pada kursi). Dengan tumpuan bola2 juga bagus.

      Terakhir, tinggi badan tidak dipengaruhi oleh fitness. Genetika lebih banyak lho pengaruhnya. Kelebihan beban dan istirahat yang kurang bisa merusak jaringan otot dan daya tahan tubuh.

  50. Herry says :

    Mas
    Supelmen apa yg baik untuk otot
    Thank

    • elfri says :

      Jangan terbius iklan yang bisa membesarkan otot secara instan ya Mas Herry. Cukup latihan dan istirahat. Suplemen terbaik dan alamiah ya makanan 4 sehat 5 sempurna (mengandung serat cukup) – suplemen protein sudah cukup efektif kok.

  51. Dimas Aryo Anandito says :

    Assalammualaikum , punten mau nanya ya om. Tinggi saya 167cm berat badan 67kg , saya pengen bgt bisa berotot gitu, cara terbaik yg perlu saya lakuin apa aja ya? jadwal latihannya gmn ya? mohon bantuannya , by sms biar lebih enak hehehe (085693375525)

    • elfri says :

      Mas Dimas…
      Menurut saya sudah ideal tuh antara tinggi dan berat badan. Tinggal bentuk saja ototnya lebih berdimensi (berotot tapi tetap kurus…jangan mimpi dulu jadi binaraga yah…) he he he…
      Cara terbaik ya tetap latihan, asupan makanan terjaga dan istirahat yang cukup.
      Kombinasi latihan yang saya tawarkan :
      Senin : Back – Biceps – Aerobik, Selasa : Bahu – Kaki – Renang, Rabu : Istirahat, Kamis : Dada – Biceps – Aerobik, Jumat : Istirahat, Sabtu : Latihan sirkuit (otot besar dan otot kecil) – Minggu : Istirahat

  52. Imam Fakhri says :

    Goood post :D..

  53. Imam Fakhri says :

    Aslmkm mas,
    Saya mau nanya nie.. kombinasi yg bgus atau latihan yg bgus untuk menaikkan berat bdan dan massa otot gmna ya mas..??

    • elfri says :

      Kombinas 3 hal Mas…1) Latihan yang progressive 2) Asupan protein dan makanan lainnya yang bermanfaat 3) Istirahat yang cukup.
      Gak repot kan ?

  54. ichan says :

    Keren tips nya…
    otot gw jadi gede…
    thx mas bro…
    salam…

  55. Akbar Kuno says :

    maaf omm.mau bertanya…tapi kalo ingin latihan yg secara alami bagus.x latihan saat pagi atau sore om

    • elfri says :

      Waktu sih gak bisa jadi patokan mas. Sepanjang kondisi tubuh bugar/segar pagi atau sore sah2 saja.
      Jangan latihan pas fisik dan otak sedang capek. Kondisi hormon kita akan berubah.
      Kalau pagi juga latihan saat perut kosong juga tidak baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: