Makna dari perubahan sebuah LOGO (case study: TELKOM)

Tak terasa perusahaan sebesar PT Telekomunikasi Indonesia (PT TELKOM) sudah berusia 153 tahun. Kesan birokrat terhadap perusahaan plat merah ini sangat terasa hingga kini hingga membuat para petinggi perusahaan menciptakan strategi dan aksi agar perusahaan ini selalu berubah dan mampu beradaptasi terhadap segala perubahan yang ada (makro)

Salah satu strategi yang baru-baru ini direalisasikan adalah perubahan Corporate Identity (baca: logo) yang diciptakan berdasarkan strategi brand yang baru. Strategi ini mencakup perubahan “brand positioning” dan “brand value” yang baru.

Kenapa TELKOM perlu berubah?

Ternyata banyak hal yang mendasari perubahan ini. Sebagai perusahaan besar yang bergerak dalam layanan IT, semua orang sudah tahu bahwa perkembangan industri, teknologi dan service berbasis IT sangat cepat dan dinamis….

Banyak perubahan yang sudah dilakukan oleh perusahaan ini sebelum corporate identity berubah. Diantaranya adalah transformasi bisnis melalui penguatan bisnis inti (Fixed Wireline, Fixed Wireless Access dan penajaman portofolio bisnis); transformasi system dan model operasi melalui peningkatan kompetensi dan menumbuhkan layanan baru (new wave) seperti layanan berbasis broadband, enterprise, IT services, dan melakukan ekspansi bisnis media dan edutainment. Di bidang teknologi TELKOM juga sudah melakukan transformasi  besar-besaran dengan membangun jaringan berbasis teknologi NGN dengan konsep yang dikenal dengan nama INSYNC2014. Transformasi organisasi dan Sumber Daya Manusia juga dilakukan demi pencapaian sasaran organisasi yang semakin adaptif.

Perubahan-perubahan di atas masih bersifat internal dan tidak dapat dirasakan langsung oleh masyarakat atau stakeholders. Maka dari itu maka perubahan budaya dan strategi brand ikut menentukan hasil dari transformasi perusahaan yang sudah dilaksanakan sejak 5 tahun silam ini.

Apa yang baru dalam logo TELKOM ini?

Logo baru TELKOM mencerminkan brand positioning ”Life Confident” dimana keahlian dan dedikasi akan diberikan bagi semua pelanggan untuk mendukung kehidupan mereka dimanapun mereka berada. Brand positioning ini didukung oleh “service culture” baru yaitu: expertise, empowering, assured, progressive dan heart.

Sekilas logo bulat dengan siluet tangan terkesan simpel; Simplifikasi logo ini terdiri dari lingkaran biru yang ada di depan tangan berwarna kuning. Logo ini merupakan cerminan dari “brand value” baru yang selanjutnya disebut dengan “Life in Touch” dan diperkuat dengan tag line baru pengganti “committed 2U” yakni “the world is in your hand”.

Untuk lebih mengenal logo ini, ada baiknya kita memaknai arti dari simbol-simbol tersebut.

  • Expertise : makna dari lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment.
  • Empowering : makna dari tangan yang meraih ke luar. Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.
  • Assured : makna dari jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat
  • Progressive : kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.
  • Heart : simbol dari telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.

Selain simbol, warna-warna yang digunakan adalah :

  • Expert Blue pada teks Telkom melambangkan keahlian dan pengalaman yang tinggi
  • Vital Yellow pada telapak tangan mencerminkan suatu yang atraktif, hangat, dan dinamis
  • Infinite sky blue pada teks Indonesia dan lingkaran bawah mencerminkan inovasi dan peluang yang tak berhingga untuk masa depan.

Tunggu launching logo baru ini Jum’at tanggal 23 Oktober 2009…

About these ads

31 responses to “Makna dari perubahan sebuah LOGO (case study: TELKOM)”

  1. LiL Lia says :

    New logo Telkom kesannya lebih fresh dan lebih bright ya. Bener-bener beda sama logo yang lama. Terus image baru yang ingin ditampilkan nantinya kira2 apa ya? Kayak misalnya Pertamina itu, habis ganti logo kan mereka langsung campaign image baru dengan ‘mulai dari angka nol’-nya.

    • elfri says :

      sepertinya memang lebih bright dan mencerminkan sebuah perubahan yang lebih berarti (ssi harapan para stakeholders)
      Image baru yang dimaksud apa ya? mungkin tidak seperti Pertamina lah…ntar dibilang ngekor kali? he he he…

      Semoga dalam waktu dekat makin banyak layanan2 baru yang diberikan oleh TELKOM kepada masyarakat Indonesia…sebut saja IPTV, DVB, Superportal atau keinginan kebutuhan pelanggan telepon seperti telepon murah, internet murah dan kemudahan lainnya…

  2. LiL Lia says :

    Mbak Efri…link blog-nya saya post di Facebook saya gapapa yaaaa..

    • elfri says :

      Wah…mbak Lia…saya masih pria tulen kok..he he he…
      Silahkan post di FB anda…
      Maaf lagi males nulis….belum banyak yang diupdate….salam…

  3. Ferdian says :

    Entah kenapa saya kok ngerasa nggak sreg sama logo telkom yang baru ini, terlalu dipaksakan. Sehingga kesan korporasi yang gagah dan gallant hilang.

    Kesannya jadi keik perusahaan maenan anak anak… [imho]

    • elfri says :

      Entah ini mengikuti trend atau tidak; strategi yang dilakukan TELKOM tetap harus dieksekusi…perubahan portofolio bisnis menjadi TIME mengharuskan TELKOM melakukan re-strategi brandingnya…hasilnya salah satu ya perubahan logo (corporate identity) yang eye cathing dan bermakna baru.

      Trims untuk responnya.

    • joshua.heru s says :

      Iya juga setuju kalo seperti berbau anak-anak

      “Untuk pandangan selintas mata tanpa membaca teksnya saya pikir seperti obyek gambar di taman kanak-kanak. :)”

  4. Wee says :

    tapiii…

    kok menurut gw… lambang tangan terbuka di belakang lingkaran seolah-olah nyampaikan pesan:

    “Bye.. bye.. Customer…. Masalah loe… Derita loe…”

    ya itu sih dari feeling yg gw tangkap ya…

  5. qinkqonk says :

    kenapa seperti komet yang melesat jatuh ya?? ck ck ck…

    • elfri says :

      Wah…jauh amat sampe ke komet ya? he he he

    • joshua.heru s says :

      ” Dari segi warna eye cathcing, tapi untuk kuning yang warna kuning yang merepresentasikan tangan kok gak kelihatan tangan yah untuk sekilas lebih seperti sinar matahari dari balik bumi atau malah seperti cahaya yang jatuh menuju bumi. “

      • elfri says :

        Wah…harus buka primbon arti warna dan simbol nih…
        cari dulu ya…
        thanks untuk analisanya….

  6. joshua.heru s says :

    Pertama kali lihat logo Telkom ini hari minggu sore tgl.25 oktober 2009.
    Saya kira ini salah satu anak layanan dari Telkom. Ternyata logo Telkom yang baru.

    Well, desain fresh dengan kalimat Telkom Indonesia sudah semetinyalah demikian melihat perkembangan yang dilakukan telkom.

    Dari segi warna eye cathcing, tapi untuk kuning yang warna kuning yang merepresentasikan tangan kok gak kelihatan tangan yah untuk sekilas lebih seperti sinar matahari dari balik bumi atau malah seperti cahaya yang jatuh menuju bumi.

    Untuk pandangan selintas mata tanpa membaca teksnya saya pikir seperti obyek gambar di taman kanak-kanak. :)

    Tidak ada yang jelek… Well done untuk logo yang baru.

    • elfri says :

      Terima kasih mas Joshua untuk kritik dan masukannya….
      Anyway…bahasa disain kadang sulit juga dan dimaksakan dalam khasanah pola pikir masing2 individu….

  7. cakrabirawa says :

    hahahaha komentarnya lucu-lucu. saya melihatnya si memang lebih fresh, dan tag line barunya juga jauh lebih menarik dan enak di dengar. tapi logonya sendiri saya merasa kurang sreg dengan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media & Edutainment)…hanya sekedar pendapat

    • elfri says :

      thanks ya..
      kadang karena terlalu banyak masukan (input) dan keinginan hasilnya malah jadi sederhana…

    • elfri says :

      Trims untuk pendapatnya…
      Semoga perubahan ini menjadikan TELKOM sebagai institusi penyedia jasa telekomunikasi 100% Indonesia menjadi lebih baik dan profesional.
      Memang tidak mudah merubah paradigma masyarakat selaku stakeholders yang selama ini melihat TELKOM sebagai penyedia jasa telepon/telekomunikasi di Indonesia. Perubahan portofolio ini harus disikapi dengan baik dan tentu saja harus dikritisi jika memang layanannya tidak menjadi lebih baik…

      Sekali lagi perusahaan ini tetap milik bangsa Indonesia…

  8. Rino says :

    huff, lagi-lagi,,,
    ntah bs disebut kejelekan atau emng dasarnya udh penyakitan.

    ikut2an Pertamina, bikin logo pke konsultan luar negeri!!
    (perusahaan Brand Union, memang terkenal atas desainnya yg simpel, sperti logo2 terkenal semcam Audi, Motorola, dan Vodafone)

    alamak!!
    BUMN katanya, milik negara katanya, punya masyarakat katanya (ya, walaupun sbagian milik tetangga sih…)
    tp kok ga cinta produk Indonesia!!

    walah kacau…
    sgitu berlimpahnya desain lokal, yang klo ditandingin sama desainer asing, BISA MENANG!!
    (camkan ya ‘bisa menang’, bukan ‘gak kalah’ atau ‘sama bagusnya’)

    terlepas dari biaya nya yang milyaran (yang katanya, milyaran itu bukan hanya buat ganti logo semata, tapi untuk menciptakan identitas merek baru dan mengganti semua logo lama di plasa Telkom), logonya sendiri yang kurang mencerminkan ‘telkomnya’ dibanding logo lama, dan hal-hal lain yang banyak dibahas di dunia maya (coba saja anda googling ‘makna logo baru telkom’), gw cmn mau kasih satu kata:

    CINTAI PRODUK INDONESIA

    • elfri says :

      Thanks bro Rino untuk komennya.
      Sebagai informasi memang yang menang proyek ini adalah Brand Union tapi konsultan dan disainnya asli Indonesia kok..Dan juga proses tender sendiri menggunakan proses terbuka (lelang) yang juga diikuti oleh pemasok dalam negeri.
      So defenisi bagus tidak…itu relative ya…tergantung dari sudut pandang masing2..

      SAYA TETAP CINTAI PRODUK INDONESIA

  9. okin says :

    q suka bgt……………
    makasi………….
    byk bgt ngebantu ….

  10. hary says :

    pertama liat logo telkom yang baru masih belum nyangka…
    memang terlihat kidstyle dan kurang elegan ya mas…tapi setelah membaca konsepnya cukup bagus dan tagline yang berani
    saya juga masih belajar memaknai dan mendesain sebuah logo.membuat logo memang tidak sekedar jadi dan terlihat bagus tapi konsep dan makna yang kuat harus yang utama.jadi tetap sukses buat telkom.

    • elfri says :

      Thanks mas Addi..
      Konon katanya ada ilmu khusus yang mempelajari per-logo-an..
      Mulai dari karakter sampai tipografinya…karena logo bisa menjelaskan karakter perusahaannya.

  11. anjar says :

    mas, bahasanmu bagus mas..

  12. Ebet sang graphic designer says :

    1. Logo gak nyambung sama maknanya.
    2. Perusahaan TELKOM terlihat makin lembek dan Loyo
    3. Logo cocoknya buat PLAYGROUP atau TAMAN KANAK-KANAK
    4. Gambar tangannya bagus mirip seperti telapak cecak/tokek
    5. Arti Warna kuning identik dengan kehati-hatian. keragu-
    raguan.
    6. Warna kuning kok melambangkan kehangatan,
    apalagi tambah pake dinamis..ck..ck..ck…ck..ck. cari arti
    warnanya di primbon sih maka jadinya kaya gitu deh.
    Mending tanya TUKANG BALON aja sekalian
    7. Yang Pasti ini logo cocoknya buat Logo program stop KB
    8. Saya comment seperti ini mewakili Asosiasi designer
    seluruh Indonesia.
    9. Semoga Jangan terulang kembali cukup TELKOM saja
    jangan sampai merembet ke perusahaan lain

    • elfri says :

      Bro Zelda…terima kasih untuk komentar dan kritikannya.
      Memang makna sebuah logo, warna atau tarikan garis tentu bisa diartikan berbeda oleh setiap orang, termasuk Anda. Saya sendiri sebagai disainer juga memberikan kritik kok…Tapi mbok ya jangan pake kata2 Tukang BALON atuh…he he he….

      Kita lihat saja perubahannya nanti, apakah perusahaan ini bisa memenangkan persaingan atau malah tenggelam dalam hiruk pikuk perubahan. Sebagai salah satu perusahaan “Merah Putih” dan tidak dikendalikan asing, kita sebagai anak bangsa berharap perusahaan ini tetap besar dan memberikan kontribusi besar kepada pengembangan atau kemajuan Indonesia.
      salam hangat…..

  13. Andy says :

    sory cmn kebetulan lewat, …

    klo saya lebih salut sama Boss elfri, tetap tenang ngejawab pertanyaan walau di”gempur” :D

    ok menurut saya pribadi di satu sisi memang jadi kaya logo TK, tangannya terlalu imut sampe disangka2 matahari atau komet lol…

    tapi at least dpt gambaran klo telkom itu mo berubah, jadi lebih dinamis ga lagi kaku, warna kuning bisa berarti ragu2 setuju dengan yg di atas… cmn juga bisa berarti kehangatan loh, makanya klo dilihat lebih keatas lagi ada yg ngbaratin matahari, komet dll…

    yah at least penutup dri g… yuk kita liat gmna performa telkom setelah ganti logo, mesti jadi lebih baik dong, masa cmn ganti logo… untung g ga pake speedy… lol

    dari

    bukan siapa2
    mantan web designer salah satu TV swasta nasional Indonesia, yang banting stir ke marketing… lol

    • elfri says :

      Bro Andy; Thanks ya….kita tetap menjunjung tinggi kebebasan berpendapat mas…

      Nah, permasalahan warna sebenarnya banyak persepsi yang bisa dituangkan. Namun saya mencoba mengambil tulisan dari Leatrice Eisman, seorang konsultan warna dan penulis buku More Alive With Color, memberi arti dari warna-warna favorit Anda (sumber: Kompas.com). Intinya kira2 seperti ini:

      Biru; kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan.
      “Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit,” kata Eisman. Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.

      Keabu-abuan; Serius, bisa diandalkan dan stabil
      Warna abu-abu adalah warna alam. Di luar sana warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.

      Merah muda; Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminin
      Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan, tapi kurang bersemangat dan membuat energi melemah.

      Merah; Kuat, berani, percaya diri, gairah
      Merah adalah warna yang punya banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna ini tak cuma memengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat.

      Kuning; Muda, gembira, imajinasi
      Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan. Jadi Anda sudah bisa menebak jika si dia memberi mawar kuning saat Valentine.

      Hitam; Elegan, kuat, sophisticated
      Hitam punya reputasi buruk. Warna ini dipakai oleh para penjahat di komik atau film. Hitam juga melambangkan duka dan murung. Tapi, hitam juga punya sisi lain, misalnya saja untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.

      Hijau; Kesejukan, keberuntungan, dan kesehatan.
      Hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas. Para pengantin di abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau.

      Salam hangat.

  14. popetican says :

    saya punya dua persepsi ketika melihat logo baru Telkom:

    1. Simbol mata satu
    2. Simbol kematian.pengurapan (tangan di atas kepala)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: